Tips Persiapan Pengeluaran Menjelang Lebaran

Diskusi tentang hal-hal yang bersifat umum, seperti organisasi pengadaan, aturan-aturan di luar Perpres 16/2018, dan lain-lain
Pratiwicantika
Newbie
Newbie
Posts: 1
Joined: 29 Apr 2019, 16:10

Tips Persiapan Pengeluaran Menjelang Lebaran

Postby Pratiwicantika 29 Apr 2019, 16:26

Salah satu hari raya terbesar dan tentu menimbulkan banyak pikiran di benak Anda adalah Idul Fitri. Banyak orang yang bergembira karena bisa sekalian pulang ke kampung halaman, tidak sabar menunggu THR, beli pakaian baru dan lain sebagainya. Namun yang pasti bahwa Hari Raya Idul Fitri merupakan perayaan hari besar untuk umat Muslim di seluruh dunia. Ketika menyambut hari Lebaran, pastinya ada sejumlah pengeluaran yang wajib dipersiapkan. Ramadhan juga seringkali memiliki makna sebagai bulan konsumtif. Selain melakukan ibadah, umat Muslim juga sangat banyak yang beli kebutuhan hidup, tidak hanya ketika perayaan saja, tetapi juga menjelang dan setelah Lebaran.

Image

Menjadi hal yang unik pengeluaran lebih besar dari hari normal ini tidak terasa, terutama ada rasa gembira dan syukur menyambut hari raya. Tetapi tanpa disadari keuangan Anda dapat berakhir dengan saldo sedikit di akhir periode Lebaran atau lebih parah lagi, tunggakan hutang yang menumpuk. Pastinya Anda tidak ingin ini semua terjadi sesudah bersuka cita merayakan hari Lebaran dengan sanak saudara kan? Di bawah ini ada tips mengetahui pengeluaran apa yang harus Anda persiapkan dengan bijak menjelang Lebaran dan mengatur keuangan yang lebih baik supaya tidak kebablasan.

- Mengeluarkan Zakat

Zakat merupakan sebuah kewajiban untuk umat Islam. Ada baiknya pos zakat Anda dan keluarga telah disiapkan sebelum datang hari Lebaran. Masukkan hitungan pos dana bagi zakat maal, zakat profesi dan yang pasti zakat fitrah yang adalah kewajiban. Lakukan hitungan setidaknya seminggu sebelum Lebaran datang, hitunglah berapa persen dari keuangan Anda yang diniatkan digunakan untuk zakat. Usahakan catat pengeluaran Anda dengan baik agar hal ini tidak terlupakan.

- Mudik Lebaran

Mudik jadi kegiatan khas yang dikerjakan ketika Lebaran tiba. Selain bergembira berjumpa sanak saudara dan keluarga, saat mudik keuangan jadi hal yang juga perlu dipersiapkan. Mulai dari biaya makan, transportasi, bahkan oleh-oleh. Faktanya mudik bisa mengakibatkan pengeluaran Anda meningkat tajam terutama naiknya harga transportasi mudik.

- Baju Baru Lebaran

Baju baru tidak bisa terlepas dari suasana Lebaran. Telah menjadi tradisi di Indonesia untuk beli baju baru saat merayakan Lebaran. Itu karena banyak pusat perbelanjaan menyuguhkan promo Lebaran dan diskon besar mulai dari produk busana, kecantikan, hingga aksesoris. Memang harus diakui bahwa berbagai tawaran itu menggiurkan, tetapi jangan sampai Anda mengeluarkan terlalu banyak uang hingga berlebihan hanya karena ingin pakaian baru.

- Hidangan Lebaran

Untuk bagian ini Anda juga wajib mempersiapkan biaya yang lumayan banyak, mulai dari biaya membuat kue lebaran, berbagai bahan makanan untuk lebaran, sampai berbagai minuman ringan. Hal ini untuk antisipasi bila ada sanak saudara yang berkunjung waktu atau sesudah lebaran.

- Pengganti Pembatu Rumah Tangga

saat Lebaran tiba, biasanya pembantu rumah tangga juga pulang kampung untuk merayakannya. Bisa jadi dengan kepulangan mereka Anda bisa merasa kerepotan mengerjakan urusan rumah tangga, sehingga diperlukan untuk menyewa pengganti pembantu rumah tangga.

- Dana Tidak Terduga

Saat mudik hal penting lainnya yang harus Anda periapkan adalah dana jika terjadi kondisi darurat di perjalanan. Siapkanlah dana tidak terduga bentuk uang tunai, atau bila ingin disimpan di Bank, pastikan memakai Bank yang memiliki anjungan tunai di pelosok daerah. Hal ini karena tidak semua Bank di kota besar memiliki pelayanan ATM hingga ke pelosok daerah.

Menyusun Anggaran Lebaran dengan Bijak

Ketika Lebaran, banyak orang ikhlas mengeluarkan berapa uang yang dipunyai untuk menyemarakkan hari istimewa tersebut. Tetapi waspadai pengeluaran yang menjadi besar di hari Lebaran, yang dapat menghabiskan tabungan Anda. Bijak dalam mengatur keuangan bisa sangat membantu Anda mengelola keuangan pribadi dan keluarga.

- Banyak Pengeluaran

Ketika bulan Ramadhan dan Lebaran, pengeluaran bisa membengkak berkali lipat. Lebaran umumnya dibarengi naiknya harga dan banyaknya keperluan. Anda butuh untuk mempersiapkan dari jauh hari, bahkan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Tidak ada ukuran ideal bagi pengeluaran Lebaran. Tetapi menurut beberapa perencana keuangan keluarga, biasanya sebuah keluarga keluar anggaran sekitar 2 hingga 3 kali dari pengeluarannya per bulan.

- Cermati Pos-Pos Baru

Contoh dari pos baru tersebut adalah sembako yang meningkat harganya jadi berkali lipat karena permintaan meningkat. Pemberian hadiah Lebaran bagi pekerja di rumah, rekan kerja atau tetangga, juga biaya mudik. Tentu saja uang yang dikeluarkan untuk berbagai pos tertentu di satu keluarga lain dengan keluarga lain. Ada yang diperuntukkan bagi perbaikan perabot rumah, sebab ketika Lebaran bisa menerima banyak tamu, seperti ganti sofa, tirai atau cat baru untuk tembok.

- Tetap Sisihkan Uang

Keperluan Lebaran jangan sampai mengacaukan tabungan Anda. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari kesulitan sesudah Lebaran. Hidup seseorang tidak selalu di atas. Ada waktunya orang membutuhkan dana dari tabungan di waktu yang sulit dan tidak terduga. Jadi jangan sampai tabungan Anda habis total hanya untuk Lebaran. Untuk Anda agar hemat saat ramadhan dan menjelang lebaran kebutuhan Anda siap tersedia, yuk gunakan waktu Anda dalam ajang festival online seperti promo ramadhan 2019.

Return to “Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests

Login · Register