Page 2 of 2

Re: BERAPA JAM AANWIJZING/ PENJELASAN SECARA ONLINE ?

Posted: 24 Oct 2013, 11:34
by Adi Purba
Adi Purba wrote:Kenyataan aanwijzing yang dilaksanakan lebih banyak peserta yang bertanya tetapi panitia hanya menjawab dengan merangkum semua pertanyaan, bahkan nyaris tidak ada perubahan dokumen pengadaan


Jawaban Panitia diberikan saat sesi aanwijzing telah selesai untuk Peserta Lelang. Padahal masih ada yang ingin ditanyakan atas jawaban Panitia tentang Personil; masa bidang Konstruksi dipersyaratkan personil dengan keahlian Pengawasan. Inilah salah satu hal yang dimanfaatkan oleh Panitia untuk memberikan jawaban pada saat sesi aanwijzing telah selesai dengan memberikan jawaban plus persyaratan lainnya yang sudah tidak dapat lagi dipertanyakan sehingga hasil aanwijzing tersebut mengikat semua Peserta Lelang dan menguntungkan Pihak Tertentu. Dan hal tersebut Panitia lakukan berdasarkan Perka LKPP No. 18 Tahun 2012 yaitu : lampiran Tata Cara E-Tendering b. Pemberian Penjelasan angka 5,6 dan 7.

Re: BERAPA JAM AANWIJZING/ PENJELASAN SECARA ONLINE ?

Posted: 24 Oct 2013, 11:43
by Adi Purba
Aveka wrote:
Adi Purba wrote:Peserta : Panitia tolong jangan memberikan jawaban pada saat aanwijzing selesai sesuai dengan perka lkpp 18/2012 dan pasal 134 perpres 54/2010 dan perubahannya yang berarti pelelangan ini dapat dibatalkan.
Panitia : Berdasarkan PERKA LKPP No. 18 th. 2012 tentang E-Tendering Lampiran, poin II.2.6.5) berbunyi : "Dalam hal waktu tahap penjelasan telah berakhir, penyedia barang/jasa tidak dapat mengajukan pertanyaan namun pokja ULP masih mempunyai tambahan waktu 3 jam untuk menjawab pertanyaan yang masuk".

Apakah sudah adil PERKA di atas?????

Sudah cukup adil.
Mengingat jika terjadi kondisi :
- Banyak pertanyaan yg masuk dr penyedia
- Panitia memiliki banyak paket yg dilelangkan dgn jadwal yg sama
- Terjadi gangguan internet pd pokja

Tentang aturan yang mengatur berapa lama aanwijzing dilaksanakan memang belum ada, oleh karnanya mungkin sebaiknya dibuatkan aturan tentang waktu aanwijzing dan seharusnya panitia lelang yang profesional dan independen dapat memperpanjang waktu aanwijzing bilamana masih ada pertanyaan dari peserta lelang.

Re: BERAPA JAM AANWIJZING/ PENJELASAN SECARA ONLINE ?

Posted: 25 Feb 2014, 09:35
by rahman72
Mungkin banyak hal dari aturan PBJ belum memenuhi (memuaskan) aspirasi semua pihak namun demikian show must go on..
Untuk aanwijzing secara online, penerapannya diserahkan pada wawasan pokja dalam menentukan alokasi waktu yang cukup (dan layak).
Secara pribadi, mungkin karena mempunyai waktu yang cukup, saya biasa mengalokasikan waktu antara 09.00 s/d 14.00, namun semua itu relatif dan tidak bisa menjadi acuan. Ada benarnya bahwa semua ini kembali pada pembuat aturan.
Saran saya untuk sementara ini, sambil terus berusaha berdiskusi dalam menetapkan formula yang tepat untuk pelaksanaan proses lelang, pokja agar menetapkan waktu aanwijzing yang optimal dan efisien dengan mempertimbangkan kompleksitas pekerjaan, kemungkinan perbedaaan paham mengenai dokumen (secara insting berdasarkan pengalaman sesuai gesture lokal/nasional) dan sebisa mungkin tetap tidak mengurangi hak dan kewajiban setiap pihak yang terlibat.
Untuk penyedia jasa, segera melakukan pendaftaran setelah memahami syarat-syarat yang tercantum, kemudian mengunduh dokumen agar segera dapat dipelajari sehingga sudah siap apabila ditemukan hal-hal tidak jelas atau kurang lengkap dan pada akhirnya dapat mengajukan pertanyaan yang berbobot dan tepat sasaran.
Dengan demikian pokja sesegera mungkin dapat menanggapi pertanyaan tersebut.
Kedua belah pihak harus/wajib memperhatikan jadwal yang telah dibuat dan menggunakan waktu sebaik-baiknya.
Dan sepanjang yang saya ketahui, pokja dilarang mengumpulkan beberapa pertanyaan yang kemudian dijawab setelah waktu aanwijzing berakhir.
Mohon masukan dan koreksi dari para pakar.
Wassalam

Re: BERAPA JAM AANWIJZING/ PENJELASAN SECARA ONLINE ?

Posted: 08 Apr 2016, 19:36
by hens74
yang jadi kendala seringnya panitia menjawab pertnyaan disaat telah habis waktu,dan jawaban dari panitia sering tidak akurat dan menimbulkan pertanyaan baru,nah karena sudah diluar waktu,penyedia tidak bisa lagi bertanya agar mendapatkan jawaban yg pasti. seandainya hal ini terjadi,apa yg harus dilakukan penyedia? kemana penyedia harus bertanya?

Re: BERAPA JAM AANWIJZING/ PENJELASAN SECARA ONLINE ?

Posted: 18 Apr 2016, 00:24
by The contractor
1 jam lebih dari cukup bro..caranya buat pertanyaan dalam bentuk softcopy lalu upload di menu yg ada. Ok..

origami 2010

Posted: 17 Jan 2020, 15:36
by SharaJoupe
origami youtube origami crane framed origami dragonfly origami jellyfish origami box uk