PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKARTA

Silakan saling berbagi contoh dokumen pengadaan, termasuk SBD yang sudah jadi, berita acara, format evaluasi, contoh pengumuman, dan dokumen apapun yang berkaitan dengan jasa lainnya
tenderwatch
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 163
Joined: 05 Jun 2011, 15:29
Location: Banda Aceh
Contact:

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby tenderwatch 06 Aug 2011, 21:18

Sanggah lagi karena pelelangan tsb ditangani oleh panitia/Pokja ULP yg personilnya masih orang yg sama dg Lelang pertama....

Dasarnya:
Lampiran II Perpres 54/2010:

j) apabila pelelangan gagal karena pengaduan masyarakat atas terjadinya pelanggaran prosedur ternyata benar, maka dilakukan penggantian pejabat dan/atau anggota ULP yang terlibat, kemudian:

(1) mengundang ulang semua peserta untuk mengajukan penawaran ulang secara lengkap (administrasi, teknis dan harga); dan
(2) PA, KPA, PPK dan/atau anggota ULP yang terlibat, dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 152
Joined: 05 Apr 2011, 17:59
Location: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby Fajar S 07 Aug 2011, 10:09

Koreksi Pak TW, kalo untuk kegiatan ini, cocoknya sepertinya pake LAMPIRAN 5 (jasa lainnya).

khalid wrote:Minimal kirim pengaduan ke LKPP dan APIP Pak.

Nhah, mekanisme pengaduan bisa ditempuh oleh semua anggota masyarakat kan Pak.
Sebenarnya mereka (APIP,LKPP,dll) bisa proaktif dalam hal ini...
Tak kirain, dulu setelah ada pengaduan dari saya, mereka lantas proaktif memonitor proses pengadaan ini...
Dan, tau sendirilah prosesnya seperti apa....sama, atau bahkan lebih acakadut dari yg pertama.....

Kalo kayak gini situasinya,ya mendingan g usah kirim pengaduan....
Jadi APIP,LKPP,dll kalo tdk ambil action merespon proses pengadaan ini,punya alasan utk berpura2 tidak tahu bahwa ada permasalahan (penyelewengan/pelanggaran) di proses pelelangan ini,Pak Khalid.... :roll: :roll:

Lagipula,Sayang jg duitnya buat beli2 prangko+amplop..... :lol: :lol:
Mending duitnya buat beli Konro & es doger di deket bundaran UGM,buat buka puasa nanti...... :D :D :D
irwana
Procurement Junior Lv. 3
Procurement Junior  Lv. 3
Posts: 524
Joined: 10 Jul 2011, 08:09

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby irwana 07 Aug 2011, 13:03

Fajar S wrote:Koreksi Pak TW, kalo untuk kegiatan ini, cocoknya sepertinya pake LAMPIRAN 5 (jasa lainnya).

khalid wrote:Minimal kirim pengaduan ke LKPP dan APIP Pak.

Nhah, mekanisme pengaduan bisa ditempuh oleh semua anggota masyarakat kan Pak.
Sebenarnya mereka (APIP,LKPP,dll) bisa proaktif dalam hal ini...
Tak kirain, dulu setelah ada pengaduan dari saya, mereka lantas proaktif memonitor proses pengadaan ini...
Dan, tau sendirilah prosesnya seperti apa....sama, atau bahkan lebih acakadut dari yg pertama.....

Kalo kayak gini situasinya,ya mendingan g usah kirim pengaduan....
Jadi APIP,LKPP,dll kalo tdk ambil action merespon proses pengadaan ini,punya alasan utk berpura2 tidak tahu bahwa ada permasalahan (penyelewengan/pelanggaran) di proses pelelangan ini,Pak Khalid.... :roll: :roll:

Lagipula,Sayang jg duitnya buat beli2 prangko+amplop..... :lol: :lol:
Mending duitnya buat beli Konro & es doger di deket bundaran UGM,buat buka puasa nanti...... :D :D :D

Kalo pengaduannya dikirim ke KPK atau ke KPPU gimana tuh. Masak sih gak ada lagi yang bisa dipercaya. Supaya lebih ringan, pengaduannya bersama-sama peserta lain yang dirugikan.
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 152
Joined: 05 Apr 2011, 17:59
Location: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby Fajar S 07 Aug 2011, 14:29

irwana wrote:Kalo pengaduannya dikirim ke KPK atau ke KPPU gimana tuh. Masak sih gak ada lagi yang bisa dipercaya. Supaya lebih ringan, pengaduannya bersama-sama peserta lain yang dirugikan.
He..he..he...
Dulu surat pengaduan(+tembusan) saya kirimkan ke Inspektorat,BPKP,BPK,LKPP,KPPU,Bupati,DPRD,KPK....
Nampaknya institusi2 ini hanya dipandang sebelah mata oleh panitya.... :lol: :lol:
makanya mereka berani seperti sekarang ini...... :twisted: :twisted:
Kalo sudah diadukan dan tidak ada tindakan apa2 lagi terhadap panitya, apa nggak malah kasihan sama nama besar intitusi2 itu tuh.... :roll: :roll:
tenderwatch
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 163
Joined: 05 Jun 2011, 15:29
Location: Banda Aceh
Contact:

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby tenderwatch 07 Aug 2011, 15:28

Fajar S wrote:
irwana wrote:Kalo pengaduannya dikirim ke KPK atau ke KPPU gimana tuh. Masak sih gak ada lagi yang bisa dipercaya. Supaya lebih ringan, pengaduannya bersama-sama peserta lain yang dirugikan.
He..he..he...
Dulu surat pengaduan(+tembusan) saya kirimkan ke Inspektorat,BPKP,BPK,LKPP,KPPU,Bupati,DPRD,KPK....
Nampaknya institusi2 ini hanya dipandang sebelah mata oleh panitya.... :lol: :lol:
makanya mereka berani seperti sekarang ini...... :twisted: :twisted:
Kalo sudah diadukan dan tidak ada tindakan apa2 lagi terhadap panitya, apa nggak malah kasihan sama nama besar intitusi2 itu tuh.... :roll: :roll:


Kalau memang demikian, pilihannya adalah GUGATAN KE PN...
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 152
Joined: 05 Apr 2011, 17:59
Location: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby Fajar S 10 Aug 2011, 18:17

Biar lengkap,saya upload jg susunan skuad pengadaan ini....
nggak asyik lah....masa nama saya sj yg selama ini beredarrr...... 8-) 8-) 8-)

Siapa tau ada yg kenal, jd bisa ikut mengingatkan..... :) :)
mumpung bulan baik..... :ugeek: :ugeek:
Attachments
KEPANITYAAN LELANG (KETUA).jpg
KEPANITYAAN LELANG (KETUA).jpg (56.3 KiB) Viewed 3391 times
KEPANITYAAN LELANG (PPK2).jpg
KEPANITYAAN LELANG (PPK2).jpg (38.78 KiB) Viewed 3391 times
KEPANITYAAN LELANG (PA).jpg
KEPANITYAAN LELANG (PA).jpg (19.44 KiB) Viewed 3391 times
irwana
Procurement Junior Lv. 3
Procurement Junior  Lv. 3
Posts: 524
Joined: 10 Jul 2011, 08:09

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby irwana 10 Aug 2011, 23:26

Fajar S wrote:Biar lengkap,saya upload jg susunan skuad pengadaan ini....
nggak asyik lah....masa nama saya sj yg selama ini beredarrr...... 8-) 8-) 8-)

Siapa tau ada yg kenal, jd bisa ikut mengingatkan..... :) :)
mumpung bulan baik..... :ugeek: :ugeek:

Paling-tidak, yang bersangkutan diberitahukan adanya forum ini pak, sehingga memberikan kesempatan kepada ybs untuk "membela" diri. Dan jurinya adalah anggota forum untuk "menilai" pembelaannya. Kalau tidak mau memberikan pembelaan maka dianggap telah melanggar etika .. :x
Ada suatu website yang memberikan semacam "pengadilan moral" bagi pelaku yang diduga melakukan pelanggaran etika. Bila diadakan yang seperti itu dalam forum kita ini diharapkan dapat mengurangi PBJP yang tidak fair.
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 152
Joined: 05 Apr 2011, 17:59
Location: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby Fajar S 13 Aug 2011, 17:36

Akhirnya, karena sistem yang ada adalah sanggahan atau pengaduan, akhirnya saya pun mengirimkan sanggahan.....
Berikut akan saya kirimkan secara berseri....

1.Masa sanggah adalah 5 hari kerja. Karena dimulai tgl 3 Agustus Pukul 08.00, maka, karena Sabtu Minggu adalah libur, seharusnya berlaku s.d. tgl 10 Agustus Pukul 07.59. Penetapan oleh Panitya bahwa masa sanggah berakhir pada tgl 9 Agustus Pukul 15.30 adalah telah menyalahi peraturan yang berlaku. Akibatnya, penyedia jasa, yang seharusnya masih punya hak untuk mengirim surat sanggahan pada tanggal 10 Agustus Pukul 07.58, menjadi tidak bisa menggunakan haknya tersebut.
JAWABAN SANGGAHAN
Pertanyaan 1. Didalam Perpres No 54 Tahun 2010 pasal 81 ayat (2) :”Surat Sanggahan disampaikan kepada ULP dan ditembuskan kepada PPK, PA/KPA dan APIP K/L/D/I yang bersangkutan paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah pengumuman. Dengan diumumkannya hasil pelelangan pada tanggal 2 Agustus 2011, maka menurut pasal tersebut di atas, masa sanggah yang harus diberikan adalah 5 (lima) hari kerja, yaitu : tanggal 3, 4, 5, 8 dan 9 Agustus 2011. Jam kerja yang berlaku di Dinas/Badan kami adalah pukul 07.30 sampai dengan 15.30. Panitia memberikan toleransi masa sanggah sampai dengan pukul 24.00 WIB tanggal 9 Agustus 2011. Jadi pada dasarnya tanggal 10 Agustus 2011 sudah melewati masa sanggah, karena menginjak hari kerja keenam setelah pengumuman pemenang. Dan apabila peserta lainnya akan menyanggah, tentunya sudah mempersiapkan dan mengajukan sanggahan dalam masa sanggah yang disepakati. Karena semua peserta semestinya sudah mencermati batasan-batasan waktu yang dibuat Panitia dan sudah disepakati dalam jadwal pengadaan, di dalam proses penjelasan pekerjaan (aanwijzing). Saat penejelasan pekerjaan adalah kesempatan untuk memberikan masukan, dan tidak ada satupun peserta yang mempermasalahkan atau memberikan koreksi mengenai jadwal, hal ini berarti seluruh peserta menyepakati jadwal yang telah ditetapkan. Dengan demikian berdasarkan penjelasan di atas mengenai waktu pelaksanaan, apa yang saudara kemukakan sebagaimana pada nomor 1 sanggahan saudara dapat disimpulkan Sanggahan Tidak Benar.
Attachments
JADWAL TAHAP LELANG.jpg
JADWAL TAHAP LELANG.jpg (220.26 KiB) Viewed 3358 times
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 152
Joined: 05 Apr 2011, 17:59
Location: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby Fajar S 13 Aug 2011, 17:39

2.Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 18 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan. Pedoman ini digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan diklat prajabatan. Dengan demikian, seharusnya spesifikasi-spesifikasi teknisnya pun mengacu kepada Pedoman tersebut.

4.Dan yang lebih mengherankan lagi, setelah kami cermati dokumen Pengadaan, ternyata Panitya memang nyata-nyata tidak menjadikan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 18 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan sebagai DASAR PELAKSANAAN PEKERJAAN.


JAWABAN SANGGAHAN

Pertanyaan 2 dan 4. Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 18 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan adalah merupakan pedoman bagi penyelenggaraan diklat, bukan pada mekanisme pemilihan calon penyedia barang/jasa. Sehingga diharapkan dengan berpedoman kepala peraturan Kepala LAN ini diharapkan diklat dapat berjalan dengan baik dan output yang dihasilkan dapat sesuai dengan yang diharapkan.Selain hal tersebut bahwa didalam dokumen KAK yang juga dapat di lihat di LPSE dicantumkan salah satu dasar pelaksanaan adalah Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor : 02/KS-Dikprajab/2011-055/KPTS/Diklat/2011 tanggal 16 Februari 2011 tentang Pelaksanaan Diklat Prajabatan Golongan I dan II bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Pemerintahan Kabupaten Kulon Progo Tahun Anggaran 2011, yang apabila dicermati sudah mengakomodir segala hal yang diatur dalam Peraturan Kepala LAN nomor 18 tahun 2010.

Kesimpulan: Sanggahan tidak benar
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 152
Joined: 05 Apr 2011, 17:59
Location: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby Fajar S 13 Aug 2011, 17:42

3.Namun,dalam forum aanwijziing, Panitya menjelaskan bahwa untuk beberapa hal adalah kebijakan PA/PPK untuk menentukan beberapa spesifikasi teknis yang dibutuhkan, sehingga boleh tidak sesuai (menambah/mengurangi) dari Perka LAN No.18/2010 tsb. (Pihak berwenang/berwajib dapat melihat langsung di file aanwijziing LPSE). Sesuai aturan, Dokumen Pengadaan adalah wewenang ULP/Panitya, sehingga isinya pun tanggung jawab Panitya.

5.Karena tidak menjadikan Perka LAN No.18/2010 sebagai Dasar Pelaksanaan Pekerjaan, maka panitya dengan sesukanya menentukan spesifikasi-spesifikasi teknis yang menguntungkan penyedia jasa tertentu. Banyak hal yang tidak substansial dipersyaratkan sehingga kesan bahwa Panitya menetapkan pesyaratan yang mengada-ada (tidak ada landasan aturan yang kuat), kesan tersebut begitu kuat. Hasilnya, hanya segelintir penyedia jasa (bahkan hanya 1) yang bisa memenuhi persyaratan dan spesifikasi yang dibutuhkan panitya.


JAWABAN SANGGAHAN
Pertanyaan 3 dan 5. Didalam Perpres No. 54 Tahun 2010 Pasal 22 ayat (1): “ PA menyusun Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa sesuai dengan kebutuhan pada K/L/D/I masing-masing.

Didalam Perpres No. 54 Tahun 2010 Pasal 22 ayat (3): Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut: huruf d: “menyusun Kerangka Acuan Kerja(KAK). Bahwa sesuai dengan Prpres 54 Tahun 2010, tahapan sebelum penentuan dokumen pemilihan adalah penyusunan RUP oleh Pengguna Anggaran, RUP yang sudah ada kemudian dijabarkan menjadi RPP oleh PPK, RPP yang sudah ditetapkan oleh PPk menjadi dasar bagi panitia untuk menentukan spesifikasi teknis dalam dokumen pemilihan. Didalam rapat persiapan pengadaan juga telah ditegaskan oleh PPK bahwa spesifikasi yang ada tidak mengarah kepada penyedia tertentu.

Berdasarkan hal tersebut diatas panitia telah bertindak sesuai dengan aturan dan tidak dengan sesukanya memasukkan persyaratan dalam dokumen pengadaan. Bahwa didalam pengadaan barang dan jasa telah ada pengorganisasian pengadaan disertai dengan tugas dan tanggung jawabnya (Perpres No. 54 Tahun 2010 BAB III pasal 7 sampai dengan pasal 21)

Kesimpulan: Sanggahan tidak benar.

Return to “Contoh Dokumen Jasa Lainnya”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

Login · Register