PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKARTA

Silakan saling berbagi contoh dokumen pengadaan, termasuk SBD yang sudah jadi, berita acara, format evaluasi, contoh pengumuman, dan dokumen apapun yang berkaitan dengan jasa lainnya
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 152
Joined: 05 Apr 2011, 17:59
Location: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby Fajar S 13 Aug 2011, 18:00

6.Sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Pasal 22 Tentang Larangan Persekongkolan Dalam Tender, yang kemudian dijabarkan Pedoman Pelaksanaannya melalui Peraturan Kepala Komisi Pengawasan Persaingan Usaha Nomor 2 Tahun 2010, kami menyatakan bahwa apa yang ada di Dokumen Pengadaan (Persyaratan dan Spesifikasi yang mengarah ke peserta tertentu) maupun jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di forum aanwijziing merupakan indikasi yang kuat telah terjadinya pelanggaran atas UU ini.

7.Sedangkan penyedia jasa yang ditetapkan pemenang oleh panitya kali ini, saat penetapan pemenang yang lalu (berdasar surat Nomor : 12 / PAN/V/ 2011), telah dilaporkan melakukan pelanggaran,antara lain atas Pakta Integritas, berkaitan dengan afiliasi/peran ganda (sesuatu yang mustahil hal ini tidak diketahui Panitya/PPK) , dan dengan demikian saat itu telah terjadi persaingan usaha yang tidak sehat dan/atau terjadi pengaturan bersama untuk memenangkan salah satu peserta, sehingga seharusnya ada tindakan hukum yang tegas terhadap mereka (peserta maupun panitya). Namun,di pengadaan ini,bukan hanya tidak diberi sanksi, panityanya pun tidak diganti.


JAWABAN SANGGAHAN
Pertanyaan 6 dan 7. Pengadaan yang dilakukan telah menggunakan system LPSE, sehingga

Dalam hal ini sudah terdapat admin yang melakukan verifikasi. Didalam LPSE terdapat admin PPK dan admin system.kedua pihak ini yang bertanggungjawab terhadap calon penyedia yang akan ikut sistem pelelangan melalui LPSE.Penilaian bahwa telah terjadi peran ganda adalah sangat tidak berdasar dan sangat subyektif sekali. Terkait dengan tidak adanya penggantian terhadap panitia adalah merupakan kewenangan PA/KPA.

Kesimpulan: Sanggahan tidak benar
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 152
Joined: 05 Apr 2011, 17:59
Location: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby Fajar S 13 Aug 2011, 18:05

8.Dampak negatif dari proses pelelangan ini adalah terpilihnya penyedia jasa yang memiliki kondisi/fasilitas yang bukan terbaik, namun dengan harga yang tinggi. Sebagai perbandingan, diklat prajabatan di Kota Yogyakarta menghasilkan biaya per hari untuk tiap orangnya adalah +- Rp 88.000,- , dengan kondisi/fasilitas penginapan seperti : kolam renang, free hotspot, kamar tidur siswa ber-AC. Sedangkan diklat prajabatan ini, biaya per hari untuk tiap orangnya +- Rp 101.000,-. Biaya yang lebih mahal, dengan fasilitas yang diperoleh lebih rendah, apakah memang ini yang dicari oleh Panitya Pengadaan Diklat Prajabatan Kulon Progo????

JAWABAN SANGGAHAN

Pertanyaan 8.Didalam proses evaluasi bagi pemilihan penyedia barang/jasa dengan system gugur terdapat tahapan-tahapan yang harus dilalui. Tahapan tersebut adalah: Evaluasi Administrasi, Evaluasi Teknis, dan Evaluasi Harga kemudian dilanjutkan dengan evaluasi kualifikasi (lihat di LPSE). Dengan mekanisme seperti ini maka calon penyedia barang/jasa yang tidak lolos administrasi tidak akan bias melanjutkan ke evaluasi teknis demikian selanjutnya. Dengan demikian akan sangat mungkin penawaran dengan harga terendah sekalipun tidak masuk ke tahapan selanjutnya ketika tahapan yang ada tidak lolos. Dan itu semua juga sudah diatur didala Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Lampiran V huruf a angka 7 huruf b, 1)

Kesimpulan: Sanggahan tidak benar
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 152
Joined: 05 Apr 2011, 17:59
Location: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby Fajar S 13 Aug 2011, 18:08

9.Atas apa yang telah terjadi di proses pengadaan ini, selain kami nilai tidak menerapkan apa yang menjadi Prinsip-Prinsip Pengadan dan Etika Pengadaan,kami mendorong pihak berwenang maupun pihak berwajib melakukan pemeriksaan yang mendalam terhadap berbagai pelanggaran atas beberapa peraturan yang berlaku (Perpres 54/2010,Perka LAN 18/2010, UU 5/1999 Pasal 22,dll) sehingga untuk ke depannya, Kabupaten Kulon Progo dapat segera menjadi salah 1 pemerintah daerah yang menerapkan good&clean governance, terbebas dari praktek-praktek KKN.

JAWABAN SANGGAHAN
Pertanyaan 9.Bahwa dalam proses pemilihan penyedia barang/jasa diklat prajabatan ini telah dilakukan sesuai dengan aturan, dari penawaran yang masuk harga yang kemudian ditetapkan menjadi pemenang adalah merupakan harga terendah setelah lolos evaluasi administrasi, evaluasi teknis dan evaluasi harga (hal ini dapat dilihat di Berita Acara Evaluasi Penawaran dan Berita Acara hasil Pelelangan). Bahwa dengan menggunakan LPSE, panitia pengadaan telah berusaha semaksimal mungkin untuk senantiasa berhati hati dan transparan dalam pemilihan calon penyedia barang/ jasa. Hal ini sesuai dengan kebijakan Bupati Kulon Progo, bahwa terkait dengan mekanisme pengadaan barang/jasa yang menggunakan dana APBD maupun APBN di SKPD Pemkab Kulon Progo agar menggunakan LPSE.

Kesimpulan: sanggahan tidak benar
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 152
Joined: 05 Apr 2011, 17:59
Location: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby Fajar S 13 Aug 2011, 18:12

:twisted: :twisted: :twisted:
KALIMAT PENUTUP JAWABAN SANGGAHAN......:

Perlu kami sampaikan disini, bahwa apa yang telah saudara lakukan telah melanggar Perpres 54 Tahun 2010 Pasal 118 ayat (1) huruf a, yaitu:” berusaha mempengaruhi ULP/Pejabat Pengadaan/Pihak lain yang berwenang dalam bentuk apapun, baik langsung maupun tidak langsung guna memenuhi keinginan yang bertentangan dengan ketentuan dan prosedur yang telah ditetapkan dalam Dokumen Pengadaan/Kontrak, dan/atau ketentuan peraturan perundang-undangan”. Sehubungan dengan hal tersebut kami akan melakukan langkah hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami juga akan melaporkan perbuatan yang telah saudara lakukan kepada pihak yang berwenang, agar diberlakukan Pasal 118 ayat (2).

Demikian jawaban sanggahan dapat kami sampaikan atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Wates, 11 Agustus 2011

Ttd

Panitia
irwana
Procurement Junior Lv. 3
Procurement Junior  Lv. 3
Posts: 524
Joined: 10 Jul 2011, 08:09

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby irwana 13 Aug 2011, 23:29

Fajar S wrote:Akhirnya, karena sistem yang ada adalah sanggahan atau pengaduan, akhirnya saya pun mengirimkan sanggahan.....
Berikut akan saya kirimkan secara berseri....

1.Masa sanggah adalah 5 hari kerja. Karena dimulai tgl 3 Agustus Pukul 08.00, maka, karena Sabtu Minggu adalah libur, seharusnya berlaku s.d. tgl 10 Agustus Pukul 07.59. Penetapan oleh Panitya bahwa masa sanggah berakhir pada tgl 9 Agustus Pukul 15.30 adalah telah menyalahi peraturan yang berlaku. Akibatnya, penyedia jasa, yang seharusnya masih punya hak untuk mengirim surat sanggahan pada tanggal 10 Agustus Pukul 07.58, menjadi tidak bisa menggunakan haknya tersebut.
JAWABAN SANGGAHAN
Pertanyaan 1. Didalam Perpres No 54 Tahun 2010 pasal 81 ayat (2) :”Surat Sanggahan disampaikan kepada ULP dan ditembuskan kepada PPK, PA/KPA dan APIP K/L/D/I yang bersangkutan paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah pengumuman. Dengan diumumkannya hasil pelelangan pada tanggal 2 Agustus 2011, maka menurut pasal tersebut di atas, masa sanggah yang harus diberikan adalah 5 (lima) hari kerja, yaitu : tanggal 3, 4, 5, 8 dan 9 Agustus 2011. Jam kerja yang berlaku di Dinas/Badan kami adalah pukul 07.30 sampai dengan 15.30. Panitia memberikan toleransi masa sanggah sampai dengan pukul 24.00 WIB tanggal 9 Agustus 2011. Jadi pada dasarnya tanggal 10 Agustus 2011 sudah melewati masa sanggah, karena menginjak hari kerja keenam setelah pengumuman pemenang. Dan apabila peserta lainnya akan menyanggah, tentunya sudah mempersiapkan dan mengajukan sanggahan dalam masa sanggah yang disepakati. Karena semua peserta semestinya sudah mencermati batasan-batasan waktu yang dibuat Panitia dan sudah disepakati dalam jadwal pengadaan, di dalam proses penjelasan pekerjaan (aanwijzing). Saat penejelasan pekerjaan adalah kesempatan untuk memberikan masukan, dan tidak ada satupun peserta yang mempermasalahkan atau memberikan koreksi mengenai jadwal, hal ini berarti seluruh peserta menyepakati jadwal yang telah ditetapkan. Dengan demikian berdasarkan penjelasan di atas mengenai waktu pelaksanaan, apa yang saudara kemukakan sebagaimana pada nomor 1 sanggahan saudara dapat disimpulkan Sanggahan Tidak Benar.

Saya boleh komentar kan pak? Khusus yang ini saja karena sifatnya terukur. Menurut Perpres :
masa sanggah terhadap hasil lelang/seleksi selama 5 (lima) hari kerja setelah pengumuman hasil lelang/seleksi dan masa sanggah banding selama 5 (lima) hari kerja setelah menerima jawaban sanggahan;

Kalau pengumuman tanggal 2 Agustus 2011, berarti benar masa sanggah dimulai sejak tanggal 3 Agustus 2011, dan rinciannya menjadi :
3 Agustus 2011 -------> 1 hari;
4 Agustus 2011 -------> 2 hari;
5 Agustus 2011 -------> 3 hari;
6 Agustus 2011 -------> libur (sabtu);
7 Agustus 2011 -------> libur (minggu);
8 Agustus 2011 -------> 4 hari;
9 Agustus 2011 -------> 5 hari;
Berarti benar tanggal 9 Agustus 2011 adalah hari terakhir masa sanggah.

Kekeliruan mungkin terjadi dalam menentukan hari ke 1. Karena menggunakan kata "setelah", maka hari ke 1 dimulai pada tanggal 3 Agustus 2011.
Bedakan bila menggunakan kata "sejak", maka hari ke 1 dimulai pada tanggal 1 Agustus 2011 --> malah batas akhir sanggah menjadi tanggal 8 Agustus 2011.

updated : Oops, sorry, kesalahan ada disaya karena salah baca. Saya tidak memperhatikan, rupanya pak Fajar menghitung bahwa pada jam 7.59 pagi atau tepatnya sebelum dimulainya jam kerja pada hari ke sepuluh masih termasuk hari ke sembilan. Tapi bisa juga panitia berdalih seperti di atas bahwa tepat setelah jam 15.30 masuk di hari ke sepuluh. Pengertian yang berbeda semacam ini baiknya mendapat perhatian pihak LKPP.

Sebagai tambahan wacana, kalau menghitung 1 hari kalender itu dari jam berapa tanggal berapa sampai jam berapa tanggal berapa?
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 152
Joined: 05 Apr 2011, 17:59
Location: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby Fajar S 14 Aug 2011, 01:12

JADWAL TAHAP LELANG.jpg
JADWAL TAHAP LELANG.jpg (220.26 KiB) Viewed 3415 times
ini hitungan dari saya....:
Masa sanggah hasil lelang dimulai tgl 3 Agustus Jam 08.00
Hari ke-1 berakhir pada 4 Agustus Jam 7.59
Hari ke-2 berakhir pada 5 Agustus Jam 7.59
Hari ke-3 berakhir pada 8 Agustus Jam 7.59
Hari ke-4 berakhir pada 9 Agustus Jam 7.59
Hari ke-5 berakhir pada 10 Agustus Jam 7.59

Yang ANEH, lha kok ya ada istilah toleransi masa sanggah segala ya....
(lucunya yang tertera di jadwal lelang adalah jam 15.30, BUKAN 23.59 sebagaimana angka toleransi dari panitya)
kenapa tidak konsisten saja menggunakan jam kerja...???
Oiya, setelah saya lihat, TERNYATA jam kerja pemkab kulon progo untuk tanggal tersebut berakhir Jam 14.30.
Bisa dilihat di website http://bkd.kulonprogokab.go.id/?pilih=n ... at&id=1093
Jadi, darimanakah datangnya angka 9 Agustus JAM 15.30 tersebut????
Allohualam.....

Terus kok ya ada istilah KESEPAKATAN...
Mentang2 tidak memberi masukan, dianggaplah hal tsb menjadi sebuah KEBENARAN....
Giliran dalam hal lain saya kasih masukan, DIANCAMLAH saya dengan menggunakan Pasal 118....

Hadewh......
Ngajak bercanda mulu nih, Panityanya..... :lol: :lol: :lol:
Attachments
JAWABAN SANGGAHANN 1.jpg
JAWABAN SANGGAHANN 1.jpg (272.24 KiB) Viewed 3415 times
Fajar S
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 152
Joined: 05 Apr 2011, 17:59
Location: Ngayogyokarto Hadiningrat

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby Fajar S 17 Aug 2011, 12:40

.....sedang berusaha berpikir & merenung,kira2 kenapa ya kok sampai ada panitya/ulp yg ngototnya g ketulungan untuk memenangkan salah satu perusahaan, sampai2 berani pasang badan/pasang muka tebal.....
Apa karena ada pressure yg begitu besarnyakah...???
:ugeek: :ugeek: :ugeek:
Musafir™
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 252
Joined: 14 Apr 2011, 10:51

Re: PENGUMUMAN SEWA GEDUNG+PERALATAN BKD KULONPROGO-YOGYAKAR

Postby Musafir™ 19 Aug 2011, 01:16

Fajar S wrote:.....sedang berusaha berpikir & merenung,kira2 kenapa ya kok sampai ada panitya/ulp yg ngototnya g ketulungan untuk memenangkan salah satu perusahaan, sampai2 berani pasang badan/pasang muka tebal.....
Apa karena ada pressure yg begitu besarnyakah...???
:ugeek: :ugeek: :ugeek:


gak perlu susah2 pak... rahasia umum, panitia/pokja yang sudah berani demikian karena sudah ada nominal anggka na yang jelas..

percayalah... :(

Return to “Contoh Dokumen Jasa Lainnya”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

Login · Register