survey, sdp, dokumen pengadaan, simpel pengadaan langsung jaskon

Diskusi tentang Jasa Konsultansi berdasarkan Perpres 54/2010
moe
Newbie
Newbie
Posts: 1
Joined: 06 Jan 2017, 23:01

survey, sdp, dokumen pengadaan, simpel pengadaan langsung jaskon

Postby moe 06 Jan 2017, 23:32

selamat pagi, para master pengadaan..
ijinkan junior bertanya untuk masalah pengadaan...

dikantor saya rencana mau diadakan pengadaan langsung jasa konsultansi perencana, yang tentu saja nilainya dibawah 50.
sepengetahuan saya, untuk proses pengadaan langsung jaskon oleh pejabat pengadaan kurang lebih sebagai berikut :
1. PP mencari informasi terkait pekerjaan konsultansi yang dibutuhkan
2. PP membandingkan harga dan kualitas, minimal dari 2 (dua) sumber informasi
3. pejabat pengadaan mengundang satu calon penyedia
4. Penyedia menyampaikan penawaran
5. PP membuka, mengevaluasi kalrifikasi dan melakukan klarifikasi dan negosiasi teknis serta mendapatkan harga yang wajar
6. PP menetapkan penyedia dan mengumumkan
7. PP membuat BAHPL dan menyampaikan kepada PPK
8. PPK melakukan ikatan perjanjian

pertanyaannya :
1. Kegiatan jaskon berbeda dengan pengadaan barang, yang dalam melakukan pencarian informasi/survey harga, bagaimana metode survey atau pencarian harganya? apakah dibolehkan dengan menghubungi menyedia dengan menginformasikan ruang lingkup pekerjaan, agar harga yang didapat sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan. karena untuk mendapatkan harga jaskon tidak dimungkinkan untuk mencari melalui media elektronik sperti internet.

2. saya download standar dokumen pengadaan, untuk pengadaan langsung jaskon dari lkpp, tetapi saya merasa kurang paham dengan isi yang memuat metode evaluasi penawaran, terutama evaluasi teknis. evaluasi teknis yang digunakan seperti yang digunakan untuk lelang menurut saya. dalam lelang evaluasi teknis masih digunakan untuk menyaring penyedia, tetapi dalam pengadaan langsung, kan hanya ada 1 penyedia yang dievaluasi, buat apa menghitung nilai pengalaman? kalau pun dirasa perlu, adalah saat membandingkan harga dan kualitas , sebelum mengundang penyedia.

3. dokumen pengadaan untuk kegiatan jaskon ini apa saja ?

4. perbedaan melakukan pengadaan secara manual dengan menggunakan simpel ? apa saja kekurangan simpel yang dinilai bisa memberatkan tugas pejabat pengadaan
max modi
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
Posts: 411
Joined: 01 Apr 2011, 05:32

Re: survey, sdp, dokumen pengadaan, simpel pengadaan langsung jaskon

Postby max modi 26 Jan 2017, 16:37

1. Kewajiban untuk melakukan survey harga untuk Jasa Konsultasi maupun jasa konstruksi memang membingungkan. Untuk jasa konsultansi survey harga teknisnya adalah kita undang 2 calon penyedia (sebaiknya tidak bersamaan) , dan kita kasih BQ dan KAK untuk dipelajari, selanjutnya kita suruh memberikan penawaran harga dan kualifikasi Tenaga Ahli yang akan mereka gunakan.
Nah baru kemudian kita dapat menilai penawaran harga maupun kualitas yang mereka tawarkan.. jadi selain harga yang ditawarkan, kualifikasi Tenaga ahli juga diperhitungkan untuk menentukan perusahaan mana yang akan diundang ke tahap berikutnya. keputusan perusahaan yang akan diundang ketahapan selanjutnya menjadi kewenangan Pejabat pengadaan untuk menentukannya.

2. Evaluasi pada Jasa konsultansi meliputi Evaluasi Prakualifikasi, Evaluasi Administrasi, Evaluasi Teknis dan Evaluasi Harga.
Evaluasi teknis terdiri dari Evaluasi terhadap Pengalaman Perusahaan, pendekatan dan Metodologi, dan kualifikasi Tenaga Ahli.
Evaluasi Teknis digunakan untuk menentukan apakah Perusahaan tersebut mencapai passing grade yang telah ditentukan atau tidak.
apabila tidak mencapai passing grade , maka perusahaan tersebut dinyatakan tidak lulus,,/ Gugur pada tahap evaluasi teknis.

3. Dokumen yang diperlukan untuk Pengadaan Langsung Jasa Konsultansi antara lain KAK, HPS ( disiapkan Oleh PPK), Dokumen Pengadaan (disiapkan Pejabat Pengadaan) dan , Dok Isian Kualifikasi dan Dok Penawaran (disiapkan oleh Calon Penyedia).

4. Untuk pengadaan menggunakan Simpel saya sendiri kurang paham karena belum pernah melakukannya .

Return to “Jasa Konsultansi”

Who is online

Users browsing this forum: Bing [Bot] and 0 guests

Login · Register