pajak golongan C

Diskusi tentang hal-hal yang bersifat umum, seperti organisasi pengadaan, aturan-aturan di luar Perpres 16/2018, dan lain-lain
boby syaputra
Newbie
Newbie
Posts: 18
Joined: 29 May 2013, 15:02

pajak golongan C

Postby boby syaputra 04 Dec 2013, 23:14

Mohon pendapat ahli hukum ...
didaearah saya, ada pajak yg dipungut terhadap pekerjaan pemerintah yg melalui pengadaan barang/jasa pemerintah tepatnya paket pekerjaan jalan dan bangunan.
jadi sewaktu pembayaran dipungut pajak galian golongan C.
mohon dikoreksi kalau salah....
setau saya UU nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Restribusi daerah pasal 2 ayat 2 huruf F adalah : Pajak mineral bukan logam dan batuan. Pasal 57 ayat 1 berbunyi : Objek Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan adalah kegiatan pengambilan Mineral Bukan Logam dan Batuan yang meliputi:
a. asbes; b. batu tulis; c. batu setengah permata; d. batu kapur; e. batu apung; f. batu permata; g. bentonit; h. dolomit; i. feldspar; j. garam batu ( halite ); k. grafit; l. granit/andesit; m. gips; n. kalsit; o. kaolin; p. leusit; q. magnesit; r. mika; s. marmer; t. nitrat; u. opsidien; v. oker; w. pasir dan kerikil; x. pasir kuarsa; y. perlit; z. phospat; aa. talk; bb. tanah serap ( fullers earth ); cc. tanah diatome; dd. tanah liat; ee. tawas ( alum ); ff. tras; gg. yarosif; hh. zeolit; ii. basal; jj. trakkit; dan kk. Mineral Bukan Logam dan Batuan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(2) Dikecualikan dari objek Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah:
a. kegiatan pengambilan Mineral Bukan Logam dan Batuan yang nyata-nyata tidak dimanfaatkan secara komersial, seperti kegiatan pengambilan tanah untuk keperluan rumah tangga, pemancangan tiang listrik/telepon, penanaman kabel listrik/telepon, penanaman pipa air/gas; b.
kegiatan pengambilan Mineral Bukan Logam dan Batuan yang merupakan ikutan dari kegiatan pertambangan lainnya, yang tidak dimanfaatkan secara komersial; dan
c. pengambilan Mineral Bukan Logam dan Batuan lainnya yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah.
di undang2 ini ada kata2 komersial
sementara definisi komersial itu :
ko•mer•si•al a 1 berhubungan dng niaga atau perdagangan; 2 dimaksudkan untuk diperdagangkan; 3bernilai niaga tinggi, kadang-kadang mengorbankan nilai-nilai lain (sosial, budaya, dsb);
me•ngo•mer•si•al•kan v 1 menjadikan sesuatu sbg barang dagangan; 2 menggunakan sesuatu untuk berdagang (mencari keuntungan sendiri):

jadi apakah pekerjaan pengadaan barang/jasa pemerintah itu termasuk dikomersialkan sehingga dia dikenakan pajak Galian golongan C ?
mohon pencerahannya ..... trmisss
resya
Newbie
Newbie
Posts: 75
Joined: 29 Nov 2013, 20:47

Re: pajak golongan C

Postby resya 05 Dec 2013, 07:32

wah topik berat ini pak :phew:

kalo soal hukum, beda orang bisa beda penafsiran, bahkan para ahli hukum pun bisa berbeda pendapat soal tafsir menafsir pasal makanya dibutuhkan MK.

jadi kalau ditanyakan apakah pekerjaan pengadaan barang/jasa pemerintah itu termasuk dikomersialkan sehingga dia dikenakan pajak Galian golongan C, ini bisa ya bisa tidak dengan argumen masing2.

tapi kalau pendapat saya (dan juga banyak Pemda sudah menerapkan) sesuai dengan definisi katanya, maka pengadaan barang/jasa pemerintah termasuk dikomersialkan karena ada keuntungan penyedia disana, dimana keuntungan tersebut merupakan salah satu obyek pajak.
kabang
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 25 Aug 2015, 16:36
Contact:

Re: pajak golongan C

Postby kabang 25 Aug 2015, 16:53

Oh jadi penambangan marmer itu kena pajak juga yah.... Hmmm, baru tahu. Dikira seperti penambangan belerang gitu, masyarakat bebas untuk eksploitasi.
Kang Bang - Jual marmer, plafon, hpl, lantai vinyl dan parquet
oscablenet
Newbie
Newbie
Posts: 6
Joined: 08 Sep 2015, 15:33

Re: pajak golongan C

Postby oscablenet 08 Sep 2015, 15:39

info yang sangat bermanfaat
setau saya apa pun itu yang menghasilkan duit, ya pasti kena pajak

Return to “Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests

Login · Register