Ngobrolin Pelajaran Ekonomi sama anak

Diskusi tentang hal-hal yang bersifat umum, seperti organisasi pengadaan, aturan-aturan di luar Perpres 54/2010, dan lain-lain
infosiana22
Newbie
Newbie
Posts: 1
Joined: 05 Aug 2016, 20:07
Contact:

Ngobrolin Pelajaran Ekonomi sama anak

Postby infosiana22 05 Aug 2016, 20:48

INSTRUMEN DAN CONTOH KEBIJAKAN MONETER

Lembaga pemerintah yang punya hak keluarkan kebijakan moneter yaitu bank sentral, dalam soal ini Bank Indonesia. Instrumen kebijakan moneter di keluarkan dengan harapan maksud kebijakan moneter bisa terwujud. Instrumen-instrumen itu salah satunya adalah

A. KEBIJAKAN OPERASI PASAR TERBUKA (OPEN MARKETOPERATION)

Operasi pasar terbuka yaitu kebijakan yang di keluarkan oleh bank sentral (atau bank Indonesia) untuk menaikkan atau kurangi jumlah duit yang mengedar di orang-orang lewat cara jual sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau beli surat-surat miliki nilai di pasar modal/saham.

Contoh : Bank Indonesia melelang sertifikatnya, atau dapat juga beli surat-surat miliki nilai di pasar modal.

B. KEBIJAKAN DISKONTO (POLITIK DISKONTO)

Kebijakan yang di keluarkan oleh bank sentral (atau bank Indonesia) untuk menaikkan atau kurangi jumlah duit yang mengedar di orang-orang lewat cara menaikan atau turunkan suku bunga Bank. Kebijakan ini di keluarkan dengan maksud biar orang-orang menabungkan uangnya di Bank.

makalah kebijakan moneter
www. economywatch. com
Contoh : Kebijakan diskonto ini di keluarkan seandainya bank sentral sudah mengkalkulasi serta memberikan indikasi jumlah duit yang mengedar sudah melebihi kepentingan (tanda-tanda inflasi) .

Agar jumlah duit yang mengedar stabil (jumlah duit yang beradar sama juga dengan jumlah barang serta layanan di pasar) jadi pihak bank sentral menambah suku bunga Bank biar orang-orang bersama-sama menabungkan uangnya.

C. KEBIJAKAN CADANGAN KAS

Naik atau turunnya kas (casio ratio) di satu Bank, ditetapkan oleh kebijakan bank sentral sebagai pemegang wewenang untuk mengatur kas.

Contoh : Kebijkan cadangan kas dilaksanakan lewat cara menahan atau melarang beberapa dari tabungan serta duit orang-orang (deposito, giro, sertifikat deposito dan lain-lain) untuk dipinjamkan.

D. KEBIJAKAN KREDIT KETAT

Kebijakan credit ketat di keluarkan dengan maksud mengawasi duit yang mengedar waktu perekonomian mulai tunjukkan tanda-tanda inflasi.

Contoh : Pemberian credit moneter ketat didasri oleh 5C, yakni Character, Capability, Collateral, Capital. Serta Condition of Economy.

E. KEBIJAKAN DORONGAN MORAL

Kabijakan ini di keluarkan Bank sentral lewat pidato, pengumuman atau edaran yang diperuntukan pada Bank-Bank umum. Lewat pengumuman itu duit yang mengedar bisa distabilkan.

Contoh : Isi pengumuman itu dapat berwujud larangan atau ajakan untuk menahan utang tabungan ataupun melepas utang.



5. FUNGSI KEBIJAKAN MONETER


Guna dikeluarkannya kebijakan moneter salah satunya yaitu :

Melindungi iklim investasi di satu negara
Buka luas lapangan pekerjaan
Tingkatkan perkembangan ekonomi yang stabil
Tingkatkan neraca pembayaran
Menjaga stabilitas nilai ganti mata uang
Melakukan perbaikan stabilitas harga barang serta jasa
Turunkan laju inflasi


Sekianlah penjelasan mengenai pengertian, model, maksud, guna, contoh serta instrumen kebijakan moneter. Mudah-mudahan berguna.
kunjungi : http://www.infosiana.net

Return to “Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests

Login · Register