Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama

Diskusi tentang Jasa Konsultansi berdasarkan Perpres 16/2018
SUTARNO
Newbie
Newbie
Posts: 2
Joined: 07 May 2011, 00:34

Re: Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama

Postby SUTARNO 09 Jun 2011, 08:28

Dear All
Ikutan bergabung donk,

Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama, bisa membikin kite sekalian menjadi kreatif dan inovatif. He he he maunya dalam P54 sudah dirinci apa yang dimaksud.
Saya juga pernah menanyakan kepada sesama ahli ech belum sempat direspon. Ha ha ha, masih mencari solusi kali ye.

Namun dari diskusi para suhu PBJ spt pak Guskun dan Pak Kholid dll. di forum ini, maka saya memahaminya dari segi etimologi (bukan susanmologi) atau pengertian kata "Pengalaman Manajerial" yaitu pekerjaan yang pernah dialami atau pernah dikerjakan oleh suatu perusahaan jasa konsultansi dalam mengelola pekerjaan jasa konsultansi dilihat dari berbagai aspek, misalnya besarnya nilai kontrak, jumlah tenaga ahli dan berbagai keahlian yang dimiliki (baik tetap maupun "bajakan untuk bisa ikut seleksi umum/tidak tetap"), jumlah proyek yang pernah dikerjakan, pengalaman menjadi Lead Firm dalam suatu konsorsium dll.

Segitu dulu dech, supaya ga pusing!
Happy Procure
emir
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
Posts: 315
Joined: 06 Apr 2011, 12:25
Contact:

Re: Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama

Postby emir 17 Jun 2011, 15:45

"Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama", apa ya kayak gini ??

-----------------------------------------------------------------
Jenis | Indikator
-----------------------------------------------------------------
Pengalaman Manajerial | bisa dilihat dalam pengalaman pekerjaan misal sebagai lead konsorsium, pekerjaan manajemen konstruksi;
Fasilitas Utama | bisa dilihat dalam fasilitas perkantoran, dan tenaga ahli, misal punya tenaga ahli spesialis Project Management
--------------------------
xxx
hairil betterplan
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 31 Mar 2011, 20:57

Re: Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama

Postby hairil betterplan 18 Jun 2011, 21:47

kalau tidak ketemu juga "wujud" nya si pengalaman manejerial dan fasilitas utama itu, bagaimana kalau semua perangkat PBJ, "akur dan sependapat" untuk meniadakan sub unsur itu di dokumen PBJ
guskun
Procurement Senior Lv. 4
Procurement Senior Lv. 4
Posts: 2302
Joined: 01 Apr 2011, 20:43
Location: Jakarta, Surabaya
Contact:

Re: Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama

Postby guskun 20 Jun 2011, 08:29

hairil betterplan wrote:kalau tidak ketemu juga "wujud" nya si pengalaman manejerial dan fasilitas utama itu, bagaimana kalau semua perangkat PBJ, "akur dan sependapat" untuk meniadakan sub unsur itu di dokumen PBJ


Mungkin solusinya bukan dengan menghapus
Namun dengan cara adanya "surat edaran" atau sejenisnya dari lembaga yang berwenang, dalam hal ini LKPP.

Banyak hal dalam Perpres 54/2010 yang memerlukan tafsir resmi, namun sejauh ini LKPP belum banyak memberikan petunjuk pelaksanaannya
Happy Procure !!!


http://aguskuncoro.id
URGENT by WA 085694760077
dhanu
Newbie
Newbie
Posts: 19
Joined: 18 May 2011, 13:35

Re: Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama

Postby dhanu 11 Jul 2011, 09:44

1.Semua Tenaga Kerja Konstruksi harus memiliki SKA ( Sertifikat Keahlian ) atau SKT (Sertifikat Keterampilan ).
2.Kalau tenaga kerja tadi menjadi PJBU maka perlu dilengkapi dengan kemampuan manajerial - mengelola perusahaan /mengerti akan manajemen keuangan, manajemen logistik, manajemen SDM , manajemen pelaksanaan , manajemen peralatan , manajemen strategi dan manajemen pemasaran ( semua modul sebenarnya sudah ada di BP Konstruksi ),
3.Kalau tenaga kerja tersebut juga ditugaskan ke proyek konstruksi maka perlu dilengkapi dengan Sertifikat Keahlian /Keterampilan yang sesuai dengan jenis pekerjaan ditambah pemilikan Sertifikat K3 dan Sertifikat Mutu Konstruksi, Disisi lain sebagai perusahaan harus menerapkan Manajemen Mutu dan Sistem Manajemen K3 yang di dunia international dikatakan ISO 9000-2000 untuk yang sederhana dan OHSAS untuk yang lengkap termasuk Keselamatan Kerja dan Lingkungan

sumber:
http://www.jasakonstruksi.net/modules/forum.php?page=48
SUTARNO
Newbie
Newbie
Posts: 2
Joined: 07 May 2011, 00:34

Re: Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama

Postby SUTARNO 17 Aug 2011, 15:18

Pengalaman manajerial bisa mencakup pengalaman TA dalam posisi sebagai TL CoTL, atau kalau perusahaan pengalaman dalam konsorsiumn dalam posisi sebagai lead firm, atau pengalaman dalam memenange proyek yg nilainya gede, Untuk pembuktian dengan cara menunjukan kontrak atau klarifikasi ke PPK misalnya atau meminta referensi dll.
Thanks
Sutarno
Samuel Irwan
Newbie
Newbie
Posts: 4
Joined: 05 Jan 2012, 22:00

Re: Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama

Postby Samuel Irwan 05 Jan 2012, 22:17

Betul betul Gan...Tingkatan Sertifikasi selanjutnya selain ISO 9001:2008 adalah OHSAS atau OHSAS 18001:2007. Nah OHSAS/K3 bagi Kontraktor atau yang akan ikut TENDER hukumnya : WAJIB. Proses pengajuan sertifikasi OHSAS berbeda dengan ISO 9001, Kalo OHSAS harus ada SITE PROJECT UPDATE dan ada Petugas P2K3. Masih Bingung??Kunjungi website ini http://www.dckonsultan.com/page/service/konsultan-ohsas-18001 atau membutuhkan info yang lebih detail silahkan kirim mail ke sini http://www.dckonsultan.com/page/contact/hubungi-kami
Agung Ar
Newbie
Newbie
Posts: 1
Joined: 23 Aug 2011, 09:39

Re: Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama

Postby Agung Ar 18 Mar 2012, 23:26

Saya juga memiliki permasalahan yang sama pada pengisian bobot pada Lembar Data Kualifikasi sebagaimana berikut:

b. KEMAMPUAN MANAJERIAL _____ %, terdiri dari:
1. tenaga ahli 1 bobot _____ %
2. tenaga ahli 2 bobot _____ %
3. tenaga ahli 3 bobot _____ %
4. dst.

Setelah browsing sana-sini, akhirnya saya memberanikan diri untuk mengganti item di atas dengan;

b. KEMAMPUAN MANAJERIAL bagi Penanggung Jawab Teknik ___ % terdiri dari:
1. Administrasi Keuangan bobot __ %
2. Pengendalian Mutu bobot __ %;
3. Keselamatan dan Kesehatan Kerja bobot __%

Saya mengganti item di atas, karena saya masih belum menemukan peraturan atau dokumen resmi lainnya yang menjelaskan secara gamblang atas item di atas.. Karenanya sebagaimana yang disampaikan Agan max modi soal Penjelasan PP No.4 tahun 2010 pasal 11 ayat 1 adalah lebih masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan..
Mohon koreksinya kepada para ahli yang ada di sini, apabila yang saya lakukan menyalahi aturan atau tidak benar.. terima kasih..
bdodi
Procurement Junior Lv. 2
Procurement Junior Lv. 2
Posts: 372
Joined: 06 May 2011, 00:50

Re: Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama

Postby bdodi 19 Mar 2012, 23:31

dedy aprilan wrote:kira-kira dimana kita bisa menilai atau melihat Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama dari perusahaan KOnsultan yang kita evaluasi.... Tolong .....Pusing Kepala....


sorry kalau udah ada yang kasi masukan sama (belum baca semua posting)..
kutipan dari SBD perka 5 2011 konsultansi pra dua sampul ..
pada : BAB VIII. TATA CARA EVALUASI KUALIFIKASI
2. kepemilikan tenaga ahli tetap, termasuk unsur komisaris/direksi yang berpengalaman pada pekerjaan yang sejenis dan kompleksitas yang setara, dengan bobot yang ditetapkan dalam LDK :
b. Dihitung kemampuan manajerial tenaga ahli pada poin huruf a di atas. Apabila sesuai dengan yang tercantum pada Lembar Data Kualifikasi (LDK) Huruf E angka 11 maka diberikan nilai penuh, apabila tidak sesuai maka tidak dinilai.

pengalaman kami seperti ini :
mis tenaga ahli yang dibutuhkan sesuai LDK :
No. Uraian Pendidikan Pengalaman bobot
1. Team Leadaer S2 Sipil 5 tahun 60
2. Ahli Arsitektur S1 Arsitektur 3 tahun 40

Bila pada penawaran tenaga ahli tetap yang dicantumkan dalam isian kualifikasi sesuai seperti yang tercantum dalam LDK (dalam contoh Team Leader dan Ahli Arsitektur) maka diberi nilai penuh.

menurut saya ini semacam nilai bonus buat peserta, artinya selama diisi sesuai LDK diberi nilai.
kasarnya biar pendidikan teknik mesin tapi apabila ditempatkan ahli arsitektur tetap dinilai penuh (dalam penilaian manajerial).

ini yang menjadikan kami dalam menentukan bobot untuk tenaga ahli tetap 80% dan untuk memapuan manajerial hanya 20%, artinya seperti contoh diatas pendidikan tidak sesuai maka untuk manjerial memang dapat point penuh (20%) tapi untuk di tenaga ahli tetapnya 0 (80%) karena pendidikan tidak sesuai.
CMIIW, Thx.
antonsuparman
Newbie
Newbie
Posts: 6
Joined: 05 Apr 2011, 08:34

Re: Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama

Postby antonsuparman 20 Mar 2012, 20:18

dedy aprilan wrote:kira-kira dimana kita bisa menilai atau melihat Pengalaman Manajerial dan Fasilitas Utama dari perusahaan KOnsultan yang kita evaluasi.... Tolong .....Pusing Kepala....


diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, ma·na·je·ri·al a berhubungan dng manajer: keterampilan -- yg tinggi sangat diperlukan bagi setiap pemimpin.

Jadi pengalaman manajerial yang dimaksud hanya untuk tenaga ahli Team Leader atau Project Manager. Pengalaman manajerial dilihat dari pengalaman sebelumnya dengan posisi yang sama dan pekerjaan yang sejenis. Fasilitas utama yang dimaksud dalam sub unsur penilaian pengalaman perusahaan yaitu apabila panitia mensyaratkan perusahaan mempunyai fasilitas utama, sebagai contoh untuk pengadaan jasa konsultansi survey obat dan makanan, maka panitia mensyaratkan peserta harus memiliki laboratorium sebagai fasilitas utama. Mohon koreksinya apabila ada kesalahan...

Return to “Jasa Konsultansi”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

Login · Register