Personil Inti Untuk Pekerjaan Konstruksi

Diskusi tentang Pekerjaan Konstruksi berdasarkan Perpres 54/2010
duniakontraktor
Newbie
Newbie
Posts: 1
Joined: 11 Aug 2017, 21:36

Personil Inti Untuk Pekerjaan Konstruksi

Postby duniakontraktor 11 Aug 2017, 21:57

Apakah Tukang Termasuk Personil Inti Dalam Lelang Pekerjaan Konstruksi?


Salah satu persyaratan lelang yang selalu diminta baik untuk pelaku usaha besar maupun usaha kecil yaitu tukang dan mandor sebagai personil inti. Permintaannyapun tidak tanggung-tanggung, bisa melebihi 5 orang tukang. Itupun ada perbedaan ketrampilan (berbeda SKT) untuk setiap paket lelang. Malah ada yang lebih parah dengan mensyaratkan tukang harus berijazah S1 Teknik Sipil, gila kan!

Perlu diketahui bahwa mandor dan tukang bukanlah pekerja tetap pada pekerjaan konstruksi. Mandor dan tukang tidak bekerja penuh dalam suatu pekerjaan konstruksi. Sementara personil inti merupakan orang yang akan ditempatkan secara penuh dalam pelaksanaan pekerjaan.

Contohnya mandor besi, tukang besi, tukang cor beton, tukang plesteran, tukang bata, tukang kusen. Mereka bekerja sesuai dengan bidangnya saja, tidak bekerja penuh sampai pekerjaan selesai karena pada saat pekerjaan atap, mereka tidak bekerja lagi.

Untuk lebih jelas, kita dapat melihat definisi personil inti yang tercantum pada semua Dokumen Pengadaan Pekerjaan Konstruksi BAB Syarat Umum Kontrak (SSUK), yakni sbb:

Personil inti adalah orang yang akan ditempatkan secara penuh sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam Dokumen Pengadaan serta posisinya dalam manajemen pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan organisasi pelaksanaan yang diajukan untuk melaksanakan pekerjaan.

Dengan demikian maka terbukti bahwa mandor dan tukang bukanlah personil inti yang harus disyaratkan dalam lelang pekerjaan konstruksi.

Sumber:
http://www.duniakontraktor.com/2017/08/personil-inti-untuk-pekerjaan.html
http://www.duniakontraktor.com/2017/08/apakah-tukang-termasuk-personil-inti.html

Return to “Pekerjaan Konstruksi”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests

Login · Register