Pemaketan Pengadaan Barang

Diskusi tentang pengadaan barang berdasarkan Perpres 16/2018
dally
Newbie
Newbie
Posts: 15
Joined: 11 Feb 2013, 12:16

Pemaketan Pengadaan Barang

Postby dally 14 May 2016, 11:16

Mohon Pencerahannya.
Kami ada paket pekerjaan belanja modal pengadaan Barang yg satu kode rekening (akun) anggaran.**Jika di total keseluruhannya sebesar Rp.250 jt

Misal: pengadaan Alat Praktek
- untuk sekolah A (dengan Kebutuhan Jasa Boga) sebesar 125jt
- untuk sekolah B (dengan Kebutuhan Otomotif) sebesar 125jt

Pertanyaan Saya, Apakah salah pengadaan dstu dibagi paket pekerjaan sesuai kebutuhan per sekolah (sesuai alat prektek yang diminta) atau dengan metode dilelangkan pada satu kegiatan? mengingat pagu sebesar itu?
terima kasih
ilhamunsri
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 16 May 2016, 15:56

Re: Pemaketan Pengadaan Barang

Postby ilhamunsri 24 May 2016, 20:39

Pemaketan pekerjaan salah satu dasarnya efektifitas dan efisien. Pertanyaanya yang harus dijawab dulu adalah apakah paket tersebut efektif dan efisien bila dijadikan 1 paket. Pertanyaan berikutnya apakah bila dijadikan 1 paket, apa bisa dipasok oleh satu penyedia? Bila jawabannya dua pertanyaan tsb iya maka lakukan lelang sederhana. Tapi bila melihat penjelasan saudara diatas rasanya kedua paket tersebut lebih efektif dan efisien bila dijadikan 2 paket. Karena tdk mungkin perusahaan tata boga bisa memasok suku cadang otomotif. Bila digabung maka kemungkinan malah tidak edektif Saudara bisa mendapat penyedia PALUGADA (apa luh mau gua ada) bukan rekanan yg kompeten dibidangnya. Ini pendapat saya.

Misal dlm RKAKL ada pemeliharaan dua bangunan dg total nilai 350jt, bangunan yg satu ada di ibu kota provinsi dan yg satunya lagi ada di kabupaten yg jaraknya jauh. Dalam pemaketan pekerjaan akan lebih efektif dan efisien jika pemaketan pekerjaan buat dua paket, karena sangat tidak efektif dan edisien jika buat satu paket.

Sent from my SM-G920F using Tapatalk

Return to “Barang”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests

Login · Register