Pengalaman Personil Inti

Engga
Newbie
Newbie
Posts: 1
Joined: 21 May 2016, 16:09

Pengalaman Personil Inti

Postby Engga 21 May 2016, 18:27

Ass.wr.wb, Saya masih baru pada pelaksanaan LPSE ini pak. Mohon pencerahannya pak pada kasus saya ini,

Program : Pembangunan Infrastruktur Pedesaan
Kegiatan : Pembangunan Jalan dan Jembatan Pedesaan
Paket Pekerjaan : Jalan Alternatif Jr. I ke Jr. II Koto bangun
SKPD Kegiatan : Dinas Pekerjaan Umum
Lokasi Pekerjaan : Kecamatan Kapur IX
Nilai Pagu Anggaran : Rp. 290.000.000,00
Nilai HPS : Rp. 290.000.000,00
Sumber Dana : APBD Kab. Lima Puluh Kota TA 2016
LPSE : Kabupaten Lima Puluh Kota

Untuk Personil inti, pada Dokumen Pengadaan dinyatakan :
1. 1 orang Terampil Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan (memiliki SKT TS028), dengan kualifikasi minimal STM/SMA/SMK, pengalaman min. 5 tahun
2. 1 orang Tenaga Administrasi proyek, dengan kualifikasi minimal SMEA/SMA/SMK, Pengalaman min. 5 tahun.

Pada Tahap Evaluasi Penawaran dan Evaluasi Kualifikasi dengan data :
Harga Penawaran Harga Terkoreksi Pendidikan Pelaksana Terampil Sertifikat Pengalaman
CV. GUCI JAYA : RP 234.691.000,00 RP 234.691.000,00 Sarjana (S1) Teknik Sipil SKT TS028 Kelas 1 3 tahun
CV. GHANIYY PUTRA : RP 260.244.000,00 RP 257.876.000,00 STM Teknik Bangunan SKT TS028 Kelas 1 5 tahun
CV. DAFFA PRATAMA : RP 271.119.000,00 RP 268.604.000,00 STM Teknik Bangunan SKT TS028 Kelas 1 5 tahun

Pendidikan Tenaga Administrasi Proyek Pengalaman
CV. GUCI JAYA : Sarjana (S1) Teknik Sipil 3 tahun
CV. GHANIYY PUTRA : SMK 5 tahun
CV. DAFFA PRATAMA : SMA 5 tahun

Pada Tahap Pembuktian Kualifikasi, CV. GUCI JAYA diundang pada tanggal 17 Mei 2016, jam 09:00 WIB - 10:00 WIB untuk melakukan pembuktian dokumen kualifikasi dengan memperlihatkan semua dokumen asli sesuai yang diminta pada dokumen lelang. Pada tanggal 17 Mei 2016, jam 09:45 WIB CV. GUCI JAYA menghadiri Tahap Pembuktian Kualifikasi tersebut dan memperlihatkan semua dokumen kualifikasi kepada Pokja Pekerjaan tersebut.
Pada tanggal 20 Mei 2016, jam 21:21 WIB Pokja mengUpload BAHP dengan menggugurkan CV. GUCI JAYA dengan alasan, "Tidak memenuhi syarat dikarenakan pengalaman personil inti, yaitu Tenaga Terampil Pelaksana Pekerjaan Jalan dan Tenaga Administrasi Proyek pengalaman kurang dari 5 tahun sesuai dipersyaratkan pada Dokumen Pengadaan".
Pada tanggal 20 Mei 2016, jam 21:21 WIB Pokja mengUpload Surat Keputusan tentang Penetapan Pemenang dengan menyatakan Pemenang CV. GHANIYY PUTRA.

Dari penjelasan saya diatas, saya ingin menanyakan kepada bapak karena keraguan saya pada proses pelelangan ini :
1. Dari segi Personil inti, pada kasus ini saya digugurkan berdasarkan tingkat pengalaman Tenaga Terampil Pelaksana Pekerjaan Jalan dan Tenaga Administrasi Proyek pengalaman kurang dari 5 tahun sesuai dipersyaratkan pada Dokumen Pengadaan. Sedangkan dari sudut pandang/pendapat saya, penetapan tingkat pendidikan minimal dan pengalaman minimal Personil inti yang dilakkukan PPK adalah untuk mendapatkan Personil Inti dengan tingkat/kemampuan Kompetensi yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dilaksanakan. Sehingga saya memberanikan diri untuk mengikuti pelelangan itu dengan menempatkan Personil inti Tenaga Terampil Pelaksana Pekerjaan Jalan tamatan S1 Teknik Sipil dengan pengalaman 3 tahun dengan melampirkan SKT (TS028) yang dia miliki sebagai bukti Tingkat Kompetensinya, dan Tenaga Administrasi Proyek tamatan S1 Teknik Sipil dengan pengalaman 3 tahun. Sudut pandang/pendapat saya ambil berdasarkan dengan mempertimbangkan PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM Nomor : 9/PRT/M/2013, pada Lampiran II yang menyatakan tentang Persyaratan Khusus Subkualifikasi berdasarkan tingkat pendidikan dan lama pengalaman minimal untuk mendapatkan SKT dan Uji Kompetensi. Apakah sudut pandang/pendapat saya itu salah pak? Jika, pendapat saya salah, apakah tingkat kompetensi tamatan S1 Teknik Sipil berpengalaman 3 tahun lebih rendah dibandingkan dengan tamatan SMK Teknik Bangunan berpengalaman 5 tahun berdasarkan data pada tahap evaluasi di atas? Jika pendapat saya benar, Apakah ada dasar hukum yang jelas menyatakan tingkat kompetensi Personil berdasarkan tingkat pendidikan dan pengalaman personil tersebut selain Permen PU no : 09/prt/m/2013?

2. Dari isi BAHP yang dikeluarkan oleh Pokja untuk Tahap Pembuktian Kualifikasi menyatakan bahwa Pembuktian Kualifikasi dilakukan setelah Evaluasi Kualifikasi selesai dilaksanakan serta Dokumen Pengadaan pada BAB III. INSTRUKSI KEPADA PESERTA (IKP) point 29 (29.1) halaman 26 juga menyatakan bahwa Pembuktian Kualifikasi dilakukan setelah Evaluasi Kualifikasi selesai dilaksanakan. Sedangkan CV. GUCI JAYA telah melakukan Tahap Pembuktian Kualifikasi dan memperlihatkan seluruh dokumen kualifikasi yang asli sesuai dokumen pengadaan. Apakah dengan dilakukannya Tahap Pembuktian Kualifikasi ini tidak cukup membuktikan kalau CV. GUCI JAYA tersebut sudah lulus terhadap Tahapan Evaluasi Kualifikasi tersebut pak?

3. Dari 2 pertanyan di atas, apakah memang ada kejanggalan pada Proses pelelangan tersebut seperti yang saya pikirkan pak?
Saya mohon maaf atas uraian saya yang panjang di atas pak, Saya bertanya karena saya tak ingin berpikiran negatif dulu pada proses pelelangan tersebut dan juga untuk menambah pengetahuan saya tentang pelelangan untuk masa yang akan datang pak.
Atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih.
Ujang_Ladiang
Newbie
Newbie
Posts: 7
Joined: 09 May 2016, 10:43

Re: Pengalaman Personil Inti

Postby Ujang_Ladiang 22 May 2016, 22:15

kalau nomor 1 dengan kualifikasi lebih baik seharusnya bisa dijadikan pertimbangan juga,menurut saya.

Aneh juga ya,kalau memang itu alasan di gugurkan kenapa diundang pada pembuktian kualifikasi ya.
ilhamunsri
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 16 May 2016, 15:56

Re: Pengalaman Personil Inti

Postby ilhamunsri 24 May 2016, 20:27

Persyaratan lelang dan isi dokumen lelang pd kasus ini persyaratan personil inti seharusnya pada saat answijzing saudara pertanyakan karena pada tahapan tersebutlah saudara bisa ajukan keberatan dan minta dirubah apabila menurut saudara memberatkan atau bertentangan dg aturan. Apabila pd tahapan tersebut tidak ada yg menyatakan keberatan artinya semua menerima syarat tersebut. Hal ini wajar kalau menjadi acuan bg pokja dlm evaluasi karena acuan evaluasi yg dilakukan oleh pokja adalah dokumen lelang tdk boleh ditambah atau dikurangi. Mengenai peeusahaan saudara sdh dipanggil untuk pembuktian qualifikasi menurut saya disini janggalnya seharusnya perusahaan saudara dinyatakan gugur karena tdk lulus dlm tahap tersebut. Ini pendapat saya mhn koreksi kalau keliru

Sent from my SM-G920F using Tapatalk

Return to “Sumatera Barat”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

Login · Register