Kesalahan Menentukan Masa Berlaku Penawaran

Diskusi tentang teknis pelaksanaan E-Procurement berdasarkan Perpres 16/2018
John_Titor
Newbie
Newbie
Posts: 1
Joined: 07 Jun 2013, 23:43

Kesalahan Menentukan Masa Berlaku Penawaran

Postby John_Titor 25 Jul 2013, 06:29

Saya mengikuti lelang e-proc di salah satu instansi pemerintah, dimana pada lembar data pemilihan dokumen pengadaan disebutkan masa berlaku penawaran ditetapkan selama 45 (empat puluh lima) hari kalender sejak batas akhir pemasukan Dokumen Penawaran, yaitu dari tanggal 15 Juli s.d.30 Juli 2013. Sebagian peserta, menurut keterangan panitia tender, memasukkan data masa berlaku penawaran 45 hari kalender pada redaksi penawarannya, namun sebagian lagi -- termasuk saya--, 15 hari (15 juli s.d. 30 Juli 2013---> Tanggal 30 Juli 2013 adalah jadwal penandatanganan kontrak.) Tidak terjadi tanya jawab (aanwizjing) dari peserta meskipun tersedia alokasi waktunya. Atas kesalahan redaksi, yang menurut panitia adalah manusiawi karena "kerja copas", panitia menetapkan masa berlaku yang benar --meskipun tanpa melakukan adendum dokumen--adalah 45 hari kalender dan walhasil gugurlah saya. :huh:

Pertanyaan :

Menurut para master pengadaan sekalian, jadwal tersebut mana yang benar sesuai aturan? meskipun memang kesalahan terbesar dari kami semua peserta lelang adalah tidak meminta penjelasan pada panitia pada saat rapat aanwijzing, tks.
Kasiman berutu
Procurement Junior Lv. 3
Procurement Junior  Lv. 3
Posts: 580
Joined: 10 Feb 2013, 16:54
Location: SUMATERA UTARA, HP. 081370201730

Re: Kesalahan Menentukan Masa Berlaku Penawaran

Postby Kasiman berutu 25 Jul 2013, 07:37

John_Titor wrote:Saya mengikuti lelang e-proc di salah satu instansi pemerintah, dimana pada lembar data pemilihan dokumen pengadaan disebutkan masa berlaku penawaran ditetapkan selama 45 (empat puluh lima) hari kalender sejak batas akhir pemasukan Dokumen Penawaran, yaitu dari tanggal 15 Juli s.d.30 Juli 2013. Sebagian peserta, menurut keterangan panitia tender, memasukkan data masa berlaku penawaran 45 hari kalender pada redaksi penawarannya, namun sebagian lagi -- termasuk saya--, 15 hari (15 juli s.d. 30 Juli 2013---> Tanggal 30 Juli 2013 adalah jadwal penandatanganan kontrak.) Tidak terjadi tanya jawab (aanwizjing) dari peserta meskipun tersedia alokasi waktunya. Atas kesalahan redaksi, yang menurut panitia adalah manusiawi karena "kerja copas", panitia menetapkan masa berlaku yang benar --meskipun tanpa melakukan adendum dokumen--adalah 45 hari kalender dan walhasil gugurlah saya. :huh:

Pertanyaan :

Menurut para master pengadaan sekalian, jadwal tersebut mana yang benar sesuai aturan? meskipun memang kesalahan terbesar dari kami semua peserta lelang adalah tidak meminta penjelasan pada panitia pada saat rapat aanwijzing, tks.


kalau di lembar LDP tertulis masa berlaku penawarn 45 hari yakni sejak 15 juli sd 30 juli maka kedua pernyataan trsbt saling berbeda. apabila penyedia menggunakan salah satu maka dianggap benar dan tidk bisa digugurkan. ada pertanyaan atau tidk ada pertanyaan pada saat aanwijzing, apabila ada kesalahan maka kewajiban panitia untk memperbaikinya, apanila tidk diperbaiki maka dokumen pemilihan dianggap benar dan jelas
salam pengadaan dari sumatera utara, HP. 081370201730, email : bkasiman@gmail.com
CakHP
Newbie
Newbie
Posts: 15
Joined: 07 Jul 2013, 10:39

Re: Kesalahan Menentukan Masa Berlaku Penawaran

Postby CakHP 27 Jul 2013, 08:57

John_Titor wrote:dimana pada lembar data pemilihan dokumen pengadaan disebutkan masa berlaku penawaran ditetapkan selama 45 (empat puluh lima) hari kalender sejak batas akhir pemasukan Dokumen Penawaran, yaitu dari tanggal 15 Juli s.d.30 Juli 2013.

Weleh-weleh, Panitianya gak konsisten nih. Pilihannya di LDP ada 2, kok milih salah satu digugurin..... :noway:
much rahman
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 08 Jan 2014, 12:20

Re: Kesalahan Menentukan Masa Berlaku Penawaran

Postby much rahman 08 Jan 2014, 14:24

Salam pengadaan,
Bisakah digugurkan suatu penawaran yang pada masa berlaku jaminan penawaran kurang dari (masa berlaku penawaran +18 hari)
Mengingat dokumen pengadaan dan ba aanwizjing berbeda, manakah yang dipakai sebagai acuan evaluasi
much rahman
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 08 Jan 2014, 12:20

Re: Kesalahan Menentukan Masa Berlaku Penawaran

Postby much rahman 08 Jan 2014, 23:37

kujang101 wrote:
much rahman wrote:Salam pengadaan,
Bisakah digugurkan suatu penawaran yang pada masa berlaku jaminan penawaran kurang dari (masa berlaku penawaran +18 hari)
Mengingat dokumen pengadaan dan ba aanwizjing berbeda, manakah yang dipakai sebagai acuan evaluasi


Jika dokumen pengadaan tidak di-adendum setelah aanwijzing, maka yang berlaku tetap dokumen pengadaan.


dalam lelang ini ada addendum, akan tetapi hanya sebagaian dokumen pengadaan (BOQ dan tanggal pemasukan penawaran) sedang kan ldp maupun ldk tidak di uploud ulang sebagai add 1,
Maruli
Newbie
Newbie
Posts: 1
Joined: 24 Jan 2014, 09:36

Pengumuman Pengadaan Langsung

Postby Maruli 24 Jan 2014, 10:10

Untuk pengadaan langsung, apakah kita wajib mengumumkannya melalui internet seperti lelang umum atau apakah cukup hanya megumumkan pengumuman pemenangnya saja?... thanx
johan01
Newbie
Newbie
Posts: 3
Joined: 15 Jan 2014, 10:44

Re: Pengumuman Pengadaan Langsung

Postby johan01 24 Jan 2014, 14:16

Maruli wrote:Untuk pengadaan langsung, apakah kita wajib mengumumkannya melalui internet seperti lelang umum atau apakah cukup hanya megumumkan pengumuman pemenangnya saja?... thanx


ga wajib pak..
Sempana Sakti
Newbie
Newbie
Posts: 2
Joined: 21 Feb 2014, 09:06

Just Asking

Postby Sempana Sakti 30 Mar 2014, 08:44

Numpang nanya:
Apakah Jaminan Penawaran bisa dicairkan kalau sudah tanda tangan kontrak??
Kasiman berutu
Procurement Junior Lv. 3
Procurement Junior  Lv. 3
Posts: 580
Joined: 10 Feb 2013, 16:54
Location: SUMATERA UTARA, HP. 081370201730

Re: Just Asking

Postby Kasiman berutu 30 Mar 2014, 15:22

Sempana Sakti wrote:Numpang nanya:
Apakah Jaminan Penawaran bisa dicairkan kalau sudah tanda tangan kontrak??


jaminan penawaran dikembalikan ke penyedia setelah terbitnya jaminan pelaksanaan. kalau sudh dikembalikan berarti tidak bisa lagi dicairkan
salam pengadaan dari sumatera utara, HP. 081370201730, email : bkasiman@gmail.com

Return to “E-Procurement”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

Login · Register