USUL Sub Forum LPSE untuk masalah IT (TEKNIS)

Diskusi tentang teknis pelaksanaan E-Procurement berdasarkan Perpres 54/2010
Armin
Newbie
Newbie
Posts: 3
Joined: 19 Mar 2012, 20:53
Location: Enrekang
Contact:

Re: USUL Sub Forum LPSE untuk masalah IT (TEKNIS)

Postby Armin 21 Mar 2012, 17:33

Sedikit sharing pengalaman nih teman-teman..

Awalnya server kirim email tdk bisa. Diutak-atik, tapi bisanya cuma ke sesama domain. Cek n ricek, ternyata ip kena blocklist dari spamhaus. Coba delete listnya, dicoba sampai 8x tdk bisa. Karena sy pake speedy (soalnya bandwidth dari PDE down terus, n Bos maunya segera dirampungkan), telpon deh 147, ceritakan permasalahannya, tunggu 2 jam, aman (blocklistnya hilang).
Tapi syaratnya ada bantuan firewall nat mikrotik :

    chain = srcnat out-interface = eth-modem protocol = tcp src-address = ip.se.rv.er/32 dst-port = 587 action = src-nat to-address = smtp.isp.xx.xx to-port = 587

Trus Bos jg maunya agar server bisa diakses lokal pake nama domain, tambahkan firewall nat mikrotik :

    chain = dstnat in-interface = eth-LAN protocol = tcp dst-address = ip.pu.bl.ik/32 dst-port = 80 action = dst-nat to-address = ip.se.rv.er/32 to-port = 80


Akhirnya semua lancar... :good:
Pujo TS
Newbie
Newbie
Posts: 82
Joined: 13 Jul 2011, 14:03

Re: USUL Sub Forum LPSE untuk masalah IT (TEKNIS)

Postby Pujo TS 22 Mar 2012, 13:31

heceheme wrote:hampir sama kayak kasus ditempat saya...kalau permasalahan ditempat saya
1. domain cuma diforward jadi ga keluar domain name cuma IP address
2. email address tidak dapat mengirim email :good:
berkabung saya malas menghubungi administrator website kabupaten. saya menginstal postfix dan melakukan forwarding email gmail...... :swt: emang sih ga keren pake gmail, kesannya ga official banget :vom: tapi dari pada terhambat :d: :d: :d: dan sekarang semua running well tuh


salam


akhirnya! LPSE kami pun mengalami masalah yang sama :indotz: tampaknya banyak rekanan yang memasukkan alamat e-mail tidak aktif atau alamat email palsu untuk melakukan pendaftaran sehingga di-bounce oleh mail-daemon... lama-lama..... IP yang tidak berdosa jadi di-ban :touch:

solusinya : dengan sangat amat terpaksa dan berat hati.... ganti IP, untung pas kontrak punya beberapa cadangan IP. sudah coba buka di spamhaus dan IP sudah tidak masuk list-nya... tapi masalah dengan localhost masih menghantui... sepertinya hanya salah setting, belum ketemu dimananya yang salah tuh... apa saya yang dodol :noway:

Edit [26/5/2012] :

Masalah sudah bisa diatasi, terima kasih kepada Bapak Nanang dari Helpdesk LKPP :good: :good: :good:
Semakin belajar semakin ingin tahu
Danang Dismantoro
Newbie
Newbie
Posts: 9
Joined: 20 Sep 2011, 10:01

Re: USUL Sub Forum LPSE untuk masalah IT (TEKNIS)

Postby Danang Dismantoro 07 Apr 2012, 15:26

Bagi temen2 admin LPSE yang koneksi internet dari Server SPSE-nya masih pake speedy, ternyata telkom belum lama ini mengubah kebijakan (tanpa pengumuman) kaitannya dengan SMTP Server. Intinya semua pelanggan speedy musti pake SMTP Server: smtp.telkom.net dan tidak boleh pake yang lainnya. Jika masih nekad ya email kita ga fungsi. Hal ini ngaruh ke konfirmasi lupa password, konfirmasi pendaftaran penyedia dll yg butuh balasan email dr aplikasi. Semoga info ini berguna.
Andhi Priono
Newbie
Newbie
Posts: 3
Joined: 09 Apr 2012, 12:06

Re: USUL Sub Forum LPSE untuk masalah IT (TEKNIS)

Postby Andhi Priono 09 Apr 2012, 12:09

lpsesidoarjo wrote:
fredylpsehss wrote:
Pujo TS wrote:Saya mau ikut nimbrung disini ya...

sampai sekarang masih belum ada juga sub-forum untuk diskusi permasalahan teknis disini, ya ngumpulnya disini aja.

saya mau bahas masalah di menu Admin PPE, di bagian "Siapkan Database Latihan", setiap kali saya mau coba buat database baru selalu muncul notification "CONFIGURATION.'test.email' harus mengandung kata 'latihan' "..... ini apa artinya ya? :|
saya coba cek ke Utility tapi tidak menemukan solusinya tuh... mungkin agan-agan ada yang bisa membantu saya, yang sudah sukses buat database latihan?


ia pas di coba juga gagal terus.. gimana ya?


ini blum ketemu ya solusinya, ngalami juga nih... ada yang bisa bantuin?


saya juga mengalami hal yang sama, dan langsung menghubungi Helpdesk LPSE LKPP, jawabannya adalah: "Untuk saat ini menu tersebut belum bisa digunakan karena masih di-develop". Jadi kalau mau latihan harus menggunakan account yang ada atau bikin account sendiri :)
Andhi Priono
Newbie
Newbie
Posts: 3
Joined: 09 Apr 2012, 12:06

Re: USUL Sub Forum LPSE untuk masalah IT (TEKNIS)

Postby Andhi Priono 09 Apr 2012, 12:13

Danang Dismantoro wrote:Bagi temen2 admin LPSE yang koneksi internet dari Server SPSE-nya masih pake speedy, ternyata telkom belum lama ini mengubah kebijakan (tanpa pengumuman) kaitannya dengan SMTP Server. Intinya semua pelanggan speedy musti pake SMTP Server: smtp.telkom.net dan tidak boleh pake yang lainnya. Jika masih nekad ya email kita ga fungsi. Hal ini ngaruh ke konfirmasi lupa password, konfirmasi pendaftaran penyedia dll yg butuh balasan email dr aplikasi. Semoga info ini berguna.


Benar Pak Danang, kemarin saya juga mengalami masalah dengan mail server. Tapi setelah mengganti konfigurasi pada main.cf sehingga relayhost = smtp.telkom.net, masalah sudah teratasi, semoga Speedy juga lebih sopan mengambil kebijakan :)
fiksi
Newbie
Newbie
Posts: 2
Joined: 10 Apr 2012, 12:09

Re: USUL Sub Forum LPSE untuk masalah IT (TEKNIS)

Postby fiksi 10 Apr 2012, 18:45

To Mas Andhi Priono:
Mas..mohon dishare dong, gimana langkah2 settingan nya.. kami juga mengalami masalah yg sama. Rekanan tidak mendapatkan email konfirmasi setelah mengklik link pendaftaran rekanan.
Trima kasih sebelumnya ;)
agam atjoeng
Newbie
Newbie
Posts: 2
Joined: 11 Apr 2012, 16:36

Re: USUL Sub Forum LPSE untuk masalah IT (TEKNIS)

Postby agam atjoeng 11 Apr 2012, 17:34

ikutan colek Mas Andhi Priono,
ya mas gimana ya step by stepnya kita juga imel konfirmasi pendaftaran oleh penyedia susah sampainya bahkan untuk hari ini saya test, ke gmail, yahoo dan lain-lain seperti ovi.mail juga tidak diterima balasan
Danang Dismantoro
Newbie
Newbie
Posts: 9
Joined: 20 Sep 2011, 10:01

Re: USUL Sub Forum LPSE untuk masalah IT (TEKNIS)

Postby Danang Dismantoro 15 Apr 2012, 16:48

fiksi wrote:To Mas Andhi Priono:
Mas..mohon dishare dong, gimana langkah2 settingan nya.. kami juga mengalami masalah yg sama. Rekanan tidak mendapatkan email konfirmasi setelah mengklik link pendaftaran rekanan.
Trima kasih sebelumnya ;)


Maaf saya tidak ditanya tp ikutan jawab, he he. Sederhana mas, tp sblmnya kita harus jd admin PPE kdmn di bagian tab utility klik tombol edit trus ubah smtp server mjd : smtp.telkom.net
Semoga bs membantu..
heceheme
Newbie
Newbie
Posts: 4
Joined: 20 Jan 2012, 13:15
Contact:

Re: USUL Sub Forum LPSE untuk masalah IT (TEKNIS)

Postby heceheme 16 Apr 2012, 08:38

Armin wrote:
noel pbj wrote:
heceheme wrote:hampir sama kayak kasus ditempat saya...kalau permasalahan ditempat saya
1. domain cuma diforward jadi ga keluar domain name cuma IP address
2. email address tidak dapat mengirim email :good:
berkabung saya malas menghubungi administrator website kabupaten. saya menginstal postfix dan melakukan forwarding email gmail...... :swt: emang sih ga keren pake gmail, kesannya ga official banget :vom: tapi dari pada terhambat :d: :d: :d: dan sekarang semua running well tuh
salam


BISA DISHARE LANGKAH/TAHAP DEMI TAHAP CARA PENGINSTALLANN "postfix dan melakukan forwarding email gmail" TUH.


Iya mas, bisa ditolongin langkah2nya? :blur:


maaf maaf baru buka lagi forum ini.... :swt:

saya melihat di http://ubuntu-tutorials.com/2008/11/11/ ... pgmailcom/
dengan sedikit perubahan yang saya lakukan
yaitu didalam konfigurasi postfix terdapat domain lpse kami yaitu lpse.tulangbawangkab.go.id beserta kroni kroninya :wha: sehingga karena permasalahan tersebut forwarding email selalu gagal.
akhirnya saya coba menghapus semua yang berhubungan dengan domain kami dipostfix...(iseng aja sih) :whoe: dengan asumsi dan prediksi saya yaitu domain kami tidak terdaftar karena hanya merupakan forwarding dari konfigurasi website utama. jadi subdomain kami tidak memiliki nama "resmi" di internet. ternyata berhasil..... :d: :d: :d:

walau ga official biarin sing penting berjalan stabil and lancar.... :d: :d: :d:
Pujo TS
Newbie
Newbie
Posts: 82
Joined: 13 Jul 2011, 14:03

Re: USUL Sub Forum LPSE untuk masalah IT (TEKNIS)

Postby Pujo TS 17 Apr 2012, 11:58

bagi rekan rekan yang masih bermasalah, silahkan di cek di http://cbl.abuseat.org/lookup.cgi untuk mengetahui IP sedang di block atau tidak.
Semakin belajar semakin ingin tahu

Return to “E-Procurement”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

Login · Register