Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Diskusi tentang teknis pelaksanaan E-Procurement berdasarkan Perpres 54/2010
khalid
Site Admin
Site Admin
Posts: 4222
Joined: 30 Mar 2011, 21:26
Location: DKI Jakarta
Contact:

Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby khalid 24 Aug 2011, 04:27

Kepada rekan-rekan, silakan memasukkan usulan perbaikan terhadap aplikasi SPSE yang dikembangkan oleh LKPP pada topik ini.
Rekan-rekan pengembang e-Proc akan memonitor dan memantau informasi tersebut dan akan dipertimbangkan untuk perbaikan dan pengembangan aplikasi ini ke depan.

Mohon usulan dilengkapi dengan versi SPSE yang saat ini digunakan, karena bisa saja saat mengusulkan sesuatu, sebenarnya sudah dimasukkan dalam versi yang sudah update saat ini.

Mohon tidak mengajukan permasalahan pada topik ini, tetapi murni usulan dan saran perbaikan terhadap aplikasi.
====
Info PBJ terbaru silakan klik:
http://www.khalidmustafa.info
====
apeng
Newbie
Newbie
Posts: 9
Joined: 14 Jul 2011, 08:39

Re: Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby apeng 24 Aug 2011, 08:46

SPSE UNTUK POKJA:
1. Kunci publik tidak usah panjang-panjang;
2. Saat klik menu 'Ganti Kepanitiaan', sebelah kanan juga ditampilkan tahap lelang saat ini disertai waktu terakhir;
3. Menu 'Ganti Kepanitian' tetap muncul di atas daftar kegiatan;
4. Ada layanan khusus pembuatan jadwal lelang ulang;
5. Masa sanggah tidak harus hari kerja, bisa hari kalender (dan bisa dikurangi);
6. Ada standar waktu/jam harian (misalnya berapa jam tayang dalam 1 hari, dll);
7. PPE bisa mengirimkan kata sandi (password) kepada calon penyedia;
8. Berita Acara hanya BA Hasil Pelelangan, karena hasil evaluasi sudah bisa dilihat langsung;
9. Pokja bisa mengganti dokumen pengadaan (mis. sehari setelah tayang), jadi tidak masuk addendum;
10.Sering terjadi kekacauan jika pokja masuk dalam satu waktu dengan satu komputer, tetapi untuk beberapa kegiatan yang berbeda;
11.Menu 'Cari Paket Lelang' pada daring LPSE bisa dikategorikan berdasarkan tahun.

SPSE UNTUK CALON PENYEDIA:
1. Hasil enkripsi bisa lebih kecil lagi;
2. Dibedakan antara pengalaman pekerjaan dan pekerjaan yang sedang berjalan.

SPSE UNTUK VERIFIKATOR:
1. Data penyedia juga berisi masa berlaku surat izin, jika masa berlaku habis, akan ada keterangannya;
2. Menu 'Home' pada verifikator langsung berisi filter penyedia (bukan blacklist).

Terima kasih.
3. Selain tanggal daftar, ditayangkan juga tanggal verifikasi.
deniherdian
Newbie
Newbie
Posts: 8
Joined: 25 Jun 2011, 16:23

Re: Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby deniherdian 24 Aug 2011, 09:40

apeng wrote:SPSE UNTUK POKJA:
1. Kunci publik tidak usah panjang-panjang;
2. Saat klik menu 'Ganti Kepanitiaan', sebelah kanan juga ditampilkan tahap lelang saat ini disertai waktu terakhir;
3. Menu 'Ganti Kepanitian' tetap muncul di atas daftar kegiatan;
4. Ada layanan khusus pembuatan jadwal lelang ulang;
5. Masa sanggah tidak harus hari kerja, bisa hari kalender (dan bisa dikurangi);
6. Ada standar waktu/jam harian (misalnya berapa jam tayang dalam 1 hari, dll);
7. PPE bisa mengirimkan kata sandi (password) kepada calon penyedia;
8. Berita Acara hanya BA Hasil Pelelangan, karena hasil evaluasi sudah bisa dilihat langsung;
9. Pokja bisa mengganti dokumen pengadaan (mis. sehari setelah tayang), jadi tidak masuk addendum;
10.Sering terjadi kekacauan jika pokja masuk dalam satu waktu dengan satu komputer, tetapi untuk beberapa kegiatan yang berbeda;
11.Menu 'Cari Paket Lelang' pada daring LPSE bisa dikategorikan berdasarkan tahun.

SPSE UNTUK CALON PENYEDIA:
1. Hasil enkripsi bisa lebih kecil lagi;
2. Dibedakan antara pengalaman pekerjaan dan pekerjaan yang sedang berjalan.

SPSE UNTUK VERIFIKATOR:
1. Data penyedia juga berisi masa berlaku surat izin, jika masa berlaku habis, akan ada keterangannya;
2. Menu 'Home' pada verifikator langsung berisi filter penyedia (bukan blacklist).

Terima kasih.
3. Selain tanggal daftar, ditayangkan juga tanggal verifikasi.


SETUJU n Saya juga mau menambahkan
SPSE UNTUK POKJA:
3. Menu 'Ganti Kepanitian' tetap muncul di atas daftar kegiatan; ( panitia harus memunculkan sertifikat keahlian kepanitian yg terdaftar di LKPP
10.Sering terjadi kekacauan jika pokja masuk dalam satu waktu dengan satu komputer, tetapi untuk beberapa kegiatan yang berbeda; ( Mohon Untuk SERVER jangan trlalu sering trouble n perlu penambahan memory yg lebih besar, dan apabila ada masalah dengan server dimohon untuk daftar lelang yg akan diupload oleh rekanan untuk sementara di pending guna mempelancar jalannya lelang n tidak merugikan rekanan.)
mohon bantuannya apabila ada kesalahan dalam perkataan... Terima Kasih
hendrio
Newbie
Newbie
Posts: 24
Joined: 03 Aug 2011, 12:21

Re: Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby hendrio 24 Aug 2011, 11:03

apeng wrote:SPSE UNTUK POKJA:
1. Kunci publik tidak usah panjang-panjang;
2. Saat klik menu 'Ganti Kepanitiaan', sebelah kanan juga ditampilkan tahap lelang saat ini disertai waktu terakhir;
3. Menu 'Ganti Kepanitian' tetap muncul di atas daftar kegiatan;
4. Ada layanan khusus pembuatan jadwal lelang ulang;
5. Masa sanggah tidak harus hari kerja, bisa hari kalender (dan bisa dikurangi);
6. Ada standar waktu/jam harian (misalnya berapa jam tayang dalam 1 hari, dll);
7. PPE bisa mengirimkan kata sandi (password) kepada calon penyedia;
8. Berita Acara hanya BA Hasil Pelelangan, karena hasil evaluasi sudah bisa dilihat langsung;
9. Pokja bisa mengganti dokumen pengadaan (mis. sehari setelah tayang), jadi tidak masuk addendum;
10.Sering terjadi kekacauan jika pokja masuk dalam satu waktu dengan satu komputer, tetapi untuk beberapa kegiatan yang berbeda;
11.Menu 'Cari Paket Lelang' pada daring LPSE bisa dikategorikan berdasarkan tahun.

SPSE UNTUK CALON PENYEDIA:
1. Hasil enkripsi bisa lebih kecil lagi;
2. Dibedakan antara pengalaman pekerjaan dan pekerjaan yang sedang berjalan.

SPSE UNTUK VERIFIKATOR:
1. Data penyedia juga berisi masa berlaku surat izin, jika masa berlaku habis, akan ada keterangannya;
2. Menu 'Home' pada verifikator langsung berisi filter penyedia (bukan blacklist).

Terima kasih.
3. Selain tanggal daftar, ditayangkan juga tanggal verifikasi.





WOW 8-) 8-) 8-) 8-)
ane se7 usulannya, kususnya lagi bagi verifikator,ditunggu updatenya... :)
soalne ane tukang peripikasi hehehe.... :oops:
siap & laksanakan...................... :D
apeng
Newbie
Newbie
Posts: 9
Joined: 14 Jul 2011, 08:39

Re: Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby apeng 24 Aug 2011, 11:45

Tambahan:
Menu Evaluasi Pokja mohon diurutkan:

Selama Ini:
Hasil Evaluasi Lelang
Evaluasi Administrasi | Evaluasi Teknis | Evaluasi Harga | Evaluasi Kualifikasi | Evaluasi Akhir

Sebaiknya dimulai dari kiri ke kanan:
Evaluasi Kualifikasi....dst...Evaluasi Akhir.
shaka
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 175
Joined: 04 Apr 2011, 12:24

Re: Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby shaka 24 Aug 2011, 12:59

ada usulan menarik dari salah seorang panitia :
berdasarkan perka LKPP tentang e-tendering rekanan tidak perlu menandatangani surat penawaran dll...
hal ini dikarenakan ada dasar hukum yaitu undang-undang ITE..
bagaimana kalo berita acara evaluasi dan berita acara hasil lelang serta BAPP diakomodir saja oleh oleh sistem LPSE sehingga tidak repot kerja 2 kali, rekanan boleh tidak tandatangan kalau begitu panitia juga tidak perlu tandatangan berita acara :lol:
there's always hope
M. Sulkifli
Newbie
Newbie
Posts: 4
Joined: 23 Aug 2011, 14:53

Re: Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby M. Sulkifli 25 Aug 2011, 10:53

Pak SHAKA, mengenai SURAT PENAWARAN yg tdk ditanda tangani, apakah sah atau tidak, silahkan diikuti di "ruangan" berikut viewtopic.php?f=5&t=1558
shaka
Procurement Junior Lv. 1
Procurement Junior Lv. 1
Posts: 175
Joined: 04 Apr 2011, 12:24

Re: Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby shaka 25 Aug 2011, 13:16

M. Sulkifli wrote:Pak SHAKA, mengenai SURAT PENAWARAN yg tdk ditanda tangani, apakah sah atau tidak, silahkan diikuti di "ruangan" berikut viewtopic.php?f=5&t=1558


hoho begitu ternyata kelanjutannya :lol:

semoga LKPP juga memikirkan sisi panitia tidak hanya rekanan saja :mrgreen:
there's always hope
Pujo TS
Newbie
Newbie
Posts: 82
Joined: 13 Jul 2011, 14:03

Re: Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby Pujo TS 27 Aug 2011, 20:48

Usulan saya :

1. Penambahan detail pada Log Akses, sehingga berisi lebih dari tanggal dan jam akses saja, tetapi juga aktivitas yang dilakukan pada saat user tersebut Login, tentunya log untuk seluruh user dimunculkan pada account Admin Agency atau Admin PPE, sehingga memudahkan proses monitoring.

2. Penambahan fasilitas untuk menghapus pengumuman lelang non-eproc yang terlanjur diumumkan, apabila terjadi kesalahan (misal: salah kepanitiaan ketika membuat pengumuman)

3. Link-link untuk menuju LPSE daerah lain sebaiknya dimunculkan kembali untuk memudahkan rekanan dalam memantau pengumuman lelang di beberapa daerah (meskipun fitur ini sebenarnya dapat dilakukan di INAPROC)

4. Password seluruh user sebaiknya disyaratkan minimal 6 karakter dan mengandung setidaknya huruf dan angka, semata-mata untuk alasan keamanan
Semakin belajar semakin ingin tahu
bilan
Newbie
Newbie
Posts: 31
Joined: 06 Apr 2011, 17:02

Re: Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby bilan 27 Aug 2011, 21:07

1. Mohon diberi kemudahan untuk mengedit nama Paket Pekerjaan dalam jangka waktu tertentu, karena bila terjadi kesalahan menulis nama paket pekerjaan dan telah tersimpan tidak dapat dirubah.
2. Halaman Tanya jawab Peserta dan Panitia pada saat aanwijzing agar diperbaiki, karena yang terjadi ketika ada perrtanyaan dan jawaban yang banyak tiba-tiba halaman tersebut menutup sendiri
Image

Return to “E-Procurement”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests

Login · Register