Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Diskusi tentang teknis pelaksanaan E-Procurement berdasarkan Perpres 54/2010
Benny
Procurement Junior Lv. 3
Procurement Junior  Lv. 3
Posts: 557
Joined: 01 Apr 2011, 11:32
Location: Kubu Raya (Kal-Bar)
Contact:

Re: Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby Benny 17 Apr 2015, 07:02

Uge wrote:Mohon kiranya dapat dibuatkan fitur Import dan Eksport Data yang telah dimasukkan ke dalam Form LPSE.

Karena dengan adanya fitur itu akan menghemat waktu dan tenaga Penyedia jasa dalam melengkapi data-datanya. Sehingga tidak perlu lagi harus mengisi setiap Form di setiap LPSE Provinsi lain apabila ada data baru yang sudah teredit pada LPSE di salah satu LPSE Provinsi.

Misalnya saja Identitas, Ijin Usah, Akta, Pemilik, Pengurus, Tenaga Ahli, Peralatan, Pengalaman, Pajak dan juga Peralatan. Sehingga prosesnya bisa lebih seperti proses upload data tapi dengan menggunakan form baik itu berformat xlsx, csv, xml ataupun format lainnya yang kompaktibel, sehingga tidak perlu lagi copy-paste data ke masing-masing field yang ada di dalam form. Karena menurut hemat saya, pengisian akan lebih cepat dilakukan dalam bentuk copy paste secara offline pada sebuah form yang sudah disediakan oleh pihak LPSE lalu kemudian tinggal di eksport ke LPSE yang akan diisi datanya daripada harus meng-copy-paste data secara satu-satu ke tiap-tiap field yang ada pada Form Pengisian Data pada LPSE.

Sekian dan terimakasih.


Akan luncur pak...master database nya pada aplikasi SiKAP https://sikap.lkpp.go.id/
Hanya saja masih menunggu LPSE V.4 klo ga salah...
rezart
Newbie
Newbie
Posts: 1
Joined: 02 May 2015, 17:10

Re: Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby rezart 03 May 2015, 16:26

Baru mengikuti training SPSE V.4 di Surabaya, salut dan terima kasih untuk Bpk Khalid dan Bpk Arif sebagai narasumber utama pada training tersebut.
Beberapa catatan dan juga saran yang bisa sampaikan setelah adanya training ini adalah sebagai berikut :
1. SPSE V.4 tidak lagi membentuk file .rhs dan file "*-cek" lagi, semua serba online, termasuk input data harga satuan semua online, sebagai penyedia jasa, hal ini terasa agak menyulitkan karena kami terpaksa kerja 2 kali untuk input harga satuan dalam penawaran harga, saran dari kami mungkin disediakan fitur import from excel agar lebih memudahkan penyedia jasa.
2. Aplikasi SPSE V.4 menghilangkan fitur yang memfasilitasi penyedia jasa untuk mengecek file yg sudah diupload (biasanya kami mengecek kebenaran file yg sudah diupload di dalam folder "*-cek", dan berupa file rhs yg kami simpan). Sehingga di SPSE V.4 ini kami tidak mempunyai bukti otentik bahwa dokumen yg diupload adalah benar2 dokumen yang kami kirim. Saran dari kami file di folder "-cek" pada SPSE V.3 masih dibutuhkan untuk verifikasi dan pencocokan dokumen secara internal perusahaan, atau ada fitur lain yang mungkin memudahkan kami sebagai penyedia jasa untuk melakukan pengecekan kebenaran file.
3. Ada beberapa bug yg kami temukan :
---1. Saat sudah selesai tahap upload pada aplikasi Apendo(kami telah mengisi semua persyaratan), kami logout, kemudian login kembali, dokumen yang ada pada pilihan "persyaratan dokumen" menjadi hilang, seolah kami belum mengupload dokumen
---2. Pada beberapa kesempatan di aplikasi apendo, saat memilih sebuah dokumen pada persyaratan dokumen, beberapa kali sistem menduplikasi sendiri dokumen tersebut sehingga terdapat banyak dokumen sejenis pada sebuah dokumen persyaratan yg kami upload.
Saran dan masukan dari kami, sebelum benar2 launching, mini bug seperti ini mohon dapat benar2 lolos uji test yang dilakukan oleh banyak pihak.

Sekian sedikit banyak bisa dibilang bagian dari komentar dari kami setelah mengikuti training bersama pak khalid dan team :) , semoga ke depan aplikasi SPSE akan terus menerus berkembang semakin baik dan meminimalkan kemungkinan munculnya potensi kerugian akibat kecurangan dari berbagai macam pihak.

Terima Kasih

:bye: :bye: :bye:
:pray:
Benny
Procurement Junior Lv. 3
Procurement Junior  Lv. 3
Posts: 557
Joined: 01 Apr 2011, 11:32
Location: Kubu Raya (Kal-Bar)
Contact:

Re: Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby Benny 11 May 2015, 17:39

untuk menjaga transparansi dan netralitas pokja dari intervensi, sebaiknya kembalikan aanwijing ke tatap muka. Terlalu banyak kekurangan aanwizjing secara online yang dibatasi waktu sehingga permintaan penjelasan peserta dari dokumen lelang yang ditanyakan mendapat jawaban yang sangat mengambang, krn jawaban di akhir waktu sesi dan untuk menanyakan kembali sudah kehabisan waktu. Sering jawaban yg diberikan dari persyaratan lelang terlihat dibuat mengada-ada diluar prosedur, seperti SKT/SKA yang tidak masuk akal, persyaratan lain yang tidak sesuai diperuntukkan pada pekerjaan yan di lelangkan, dll. Tapi karena dokumen tersusun demikian dan pada saat aanwizjing jg tidak ada respon, akhirnya mengalah dan mengikuti kehendak yang tidak prosedur tersebut.
Jika alasan menghindari tatap muka bukankah pada aanwijzing diatur tentang aturan "Apabila dipandang perlu, Kelompok Kerja ULP dapat memberikan penjelasan lanjutan dengan cara melakukan peninjauan lapangan" artinya juga akan terjadi tatap muka.
fitbul
Newbie
Newbie
Posts: 57
Joined: 03 Jun 2012, 09:16

Re: Usulan perbaikan aplikasi SPSE

Postby fitbul 01 Nov 2017, 13:04

masukan untuk SPSE ver 4:
nilai satuan untuk HPS pada spse versi 4 belum mendukung angka dibawah 1, sangat menyulitkan jika itu pekerjaan konstruksi karena biasa menggunakan nilai satuan dibawah 1 (satu) misal 0,4m3 beton.

Untuk lelang cepat khusus utk pekerjaan konstruksi ditambahkan format untuk penawaran personil, jadi bukan cuma menawar harga, dalam pekerjaan konstruksi tidak akan lepas dari penawaran personil inti, karena menyangkut nama personil yang ditawarkan maka form penawaran semestinya ada. agar tidak terkesan terjadi postbidding jika baru ditawarkan saaat proses verifikasi.

semua Tab Menu dibuat lebih user friendly dan ditempatkan disatu tempat /Baris, sehingga memudahkan dalam navigasi misal tombol/menu persetujuan, penetapan pemenang, pengumuman pemenang, dibuat dibagian atas saja sehingga memudahkan user dalam menemukan tombol/menu tersebut.

Return to “E-Procurement”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests

Login · Register