Pengadan Pertamax

Diskusi tentang Swakelola berdasarkan Perpres 54/2010
suparlan
Newbie
Newbie
Posts: 46
Joined: 07 Feb 2014, 09:15

Pengadan Pertamax

Postby suparlan 25 Jun 2015, 00:00

kami mendapatkan dukungan pengadaan pertamax dengan nilai 2 milyar
dimana pengadaan tersebut akan dilakukan dengan membuat MoU langsung dengan pertamina

apakah pengadaan seperti ini masuk kategori swakelola atau pengadaan langsung?
sanna.2885
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 05 Aug 2015, 20:48

Re: Pengadan Pertamax

Postby sanna.2885 06 Aug 2015, 21:59

suparlan wrote:kami mendapatkan dukungan pengadaan pertamax dengan nilai 2 milyar
dimana pengadaan tersebut akan dilakukan dengan membuat MoU langsung dengan pertamina

apakah pengadaan seperti ini masuk kategori swakelola atau pengadaan langsung?


Nih saya bantu kutip dari Database Konsultasi LKPP

"Pengadaan BBM dapat menggunakan mekanisme Pengadaan Langsung bila di dalamnya terdapat komponen biaya di luar tarif resmi pemerintah dan bernilai sampai dengan Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dalam setahun (misalnya biaya pengiriman BBM ke tangki milik satker), tentunya disertai dengan negosiasi teknis dan harga.

Namun bila pengadaan tersebut menggunakan tarif resmi pemerintah (baik untuk pengadaan yang bernilai sampai dengan Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) maupun yang bernilai di atas Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dalam setahun) dilakukan dengan penunjukan langsung. Bilamana BBM tersebut dikirimkan ke tempat pengguna, maka paket pekerjaan pengiriman BBM ke tangki milik satker dikompetisikan antara agen resmi yang menyalurkan BBM dengan tarif resmi pemerintah. Dengan demikian paket pengadaan BBM dapat dipecah, antara pengadaan BBM itu sendiri dengan pengadaan jasa pengiriman. Penyedia yang ditetapkan sebagai pemenang dalam proses pelelangan jasa pengiriman kemudian ditunjuk langsung menjadi penyediaan BBM. Pemecahan paket dalam hal ini tidak dilarang karena tidak dimaksudkan untuk menghindari pelelangan.

BBM merupakan salah satu barang yang termasuk kedalam tarif resmi dari pemerintah (pasal 38 ayat (5) huruf a), sehingga dapat dilakukan Penunjukan Langsung. Meskipun demikian bilamana biaya pengadaan BBM tersebut ditambah dengan komponen biaya lainnya seperti pengiriman ke tempat pengguna barang, maka pengadaan BBM tersebut harus dikompetisikan antara sesama agen penyedia BBM yang ditunjuk pemerintah untuk mendapatkan biaya pengiriman terendah.
Kontrak tahun jamak dengan harga satuan dapat digunakan setelah mendapat persetujuan Kepala Daerah. Namun karena harga bensin mengacu kepada tarif resmi pemerintah, maka paket pekerjaan tersebut dibagi menjadi 2, yaitu harga bensin yang masih dapat berubah mengikuti harga pemerintah dan biaya pengiriman yang sudah pasti (dikompetisikan). Dengan demikian penyesuaian harga bensin dapat dilakukan meskipun belum masuk bulan ke-13. Sedangkan volume pengiriman bensin dapat menggunakan satuan drum atau per tangki pengiriman.
"

Return to “Swakelola”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests

Login · Register