Soal pajak dan peraturan swakelola

Diskusi tentang Swakelola berdasarkan Perpres 54/2010
Gustin.W
Newbie
Newbie
Posts: 1
Joined: 12 Jul 2017, 09:05
Location: Jakarta ID

Soal pajak dan peraturan swakelola

Postby Gustin.W 12 Jul 2017, 09:28

Yth Bapak / Ibu di forum ini.

Mohon bantuan dan informasinya. saya bekerja di sebuah universitas dan saat ini pertama kalinya kami bekerjasama dengan sebuah badan pemerintah untuk melaksanakan sebuah penelitian dengan cara swakelola. karena itu saya masih banyak kebingungan dalam pelaksanaannya. antara lain:

1. Apakah dana pelaksanaan swakelola dikenakan pajak? karena saat pencairan termin I, dana ditransfer 40% dari nilai proyek dan tidak ada potongan. namun saat ini ada pihak yang menyatakan bahwa dana tersebut dikenakan pajak.

2. Apakah ada peraturan / regulasi yang menyatakan bahwa laporan pertanggung jawaban harus menyertakan bukti transaksi asli? hal ini terkait dengan pihak internal kami yang juga menginginkan bukti transaksi asli untuk mereka.

3. Apakah ada peraturan / regulasi yang menyatakan jika ada kelebihan anggaran maka kelebihan tersebut harus dikembalikan pada negara? hal ini untuk laporan saya pada pihak yayasan.

Semoga Bapak / Ibu berkenan membantu kebingungan saya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
doorprize
Newbie
Newbie
Posts: 4
Joined: 21 Jul 2016, 10:03

Re: Soal pajak dan peraturan swakelola

Postby doorprize 12 Jul 2017, 10:16

bantu jawab pak,

1. Setau saya, swakelola itu hanya cara pelaksanaan pekerjaannya artinya dilaksanakan sendiri oleh instansi ybs atau dengan instansi lainnya. Kalau dalam hal penelitian, mungkin item dalam kontrak swakelolanya mencakup honor kepada peneliti, maka ada kewajiban si bendahara untuk memotong pajak atas honorarium tsbt (Pajak Penghasilan).

2. Untuk bukti pertanggungjawaban kepada bendahara swakelola, memang diwajibkan yang asli untuk proses pencairan hal ini terkait dengan aturan penatausahaan keuangan di instansi pemerintah. Solusinya, bikin copyan bukti nya dan minta paraf dari bendahara saja kalau itu sesuai yang asli. :)

3. Kelebihan anggaran apakah maksudnya anggaran tidak terserap? sepengetahuan saya, kalau tidak terserap 100% yang jangan "dipaksakan" terserap 100%, :D
Well then

Return to “Swakelola”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests

Login · Register