Cara Membuat Abon Sapi Yang Renyah Dan Gurih

Forum khusus pelepas stress karena lelang. Silakan posting jokes, perkenalan, hiburan, dan lain-lain asal tidak menyangkut SARA, Penghinaan, Pornografi dan hal-hal yang melanggar hukum
handsomemedia
Newbie
Newbie
Posts: 2
Joined: 30 Jan 2017, 15:08

Cara Membuat Abon Sapi Yang Renyah Dan Gurih

Postby handsomemedia 07 Feb 2017, 20:44

Ada satu olahan dari daging sapi yang spesial yang patut buat di coba olehmu, olahan tersebut namanya abon sapi. Abon sapi ini memang sering dihidangkan sebagai makanan taburan untuk nasi, bakso, mie ayam, bubur dan lain-lain. Kamu bisa mendapatkan olahan tersebut di pasar tradisional sampai dengan pasar modern.

Mungkin kamu hobi menikmati makanan yang namanya abon sapi tersebut, namun apakah kamu sudah tahu apa arti dari abon itu? Pada dasarnya, abon termasuk suatu olahan makanan yang spesial yang dibuat dari bahan dasar serat-serat daging hewan tertentu.

Bukan daging sapi saja, ada banyak macam daging hewan yang sering digunakan untuk membuat abon, daging hewan untuk abon diantaranya ialah domba, kambing, kuda, ayam, bebek, dan babi bagi orang non muslim yang biasa mengkonsumsinya.

Selain itu, semakin inovatifnya kuliner sekarang abon juga tidak hanya berasal dari bahan dasar hewan darat saja. Ya, bermacam jenis dari ikan dapat diolah menjadi dijadikan abon yang lezat dan sedap, abon dari ikan seperti abon ikan ikan lele, ikan tuna, udang, belut, ikan tongkol, dan lain sebagainya. Bahkan, abon yang dibuat dari sayur-sayuran seperti cabe juga mulai marak belakangan ini.

Namun sampai sekarang hewan sapi merupakan bahan dasar pembuatan abon yang paling banyak dan populer. Oleh karena itu kali ini kami coba ulas cara membuat abon sapi spesial yang renyah dan juga nikmat pastinya.

Bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan untuk mengolah abon sapi ialah daging sapi segar sebanyak satu kilo gram sebagai bahan dasarnya. Pilihlah daging sapi dengan kualitas terbaik dan bebas lemak agar tekstur dan rasanya benar-benar tiada duanya.

Sediakan pula santan kental sekitar 300 mililiter, lengkuas yang sudah dimemarkan sekitar 1 ibu jari, dan daun salam dua lembar. Tidak terlewatkan juga berikan bumbu yang sudah dihaluskan terlebih dahulu, di antaranya adalah bawang putih sekitar 4 siung, ketumbar dua sendok makan, serta garam dan gula merah secukupnya.

Cara Membuat Abon Sapi

Setelah bahan-bahan itu dipersiapkan, yuk kita masuk ke tahapan-tahapan atau cara membuat abon sapi itu.

Pertama, kamu harus merebus daging sapi segar lebih dulu yang dicampurkan dengan lengkuas serta lembaran daun salam. Rebus sampai empuk.

Setelah empuk, tiriskan dan iris hingga tipis-tipis, kemudian dicobek menggunakan alat khusus serta terakhir disuwir sampai lembut. Langkah selanjutnya ialah memanaskan santan yang telah dipersiapkan sebelumnya sampai dianggap cukup.

Masukanlah daging-daging sapi yang sudah lembut tadi ke dalam santan itu kemudian berikan campuran bumbu yang telah dihaluskan.

Langkah terakhir, masak abon dengan air santan hingga air santannya benar-benar habis dan mengering. Saat mengolahnya, jangan sampai untuk mengaduk-aduk olahan abon serta pakai api kecil supaya proses pengolahan abon benar-benar dapat berjalan dengan sempurna. Setelah itu, tiriskan hingga abon tersebut kering dan dingin.

Jika abon tersebut telah jadi, kamu dapat langsung memakannya sebagai pelengkap nasi. Kamu juga dapat menyimpannya di toples atau dikemasan plastik. Pilihlah kemasan kedap udara agar abon yang sudah diolah dapat bertahan lama atau awet sampai berbulan-bulan.

Manfaat Mengkonsusmsi Abon Sapi

Karena abon sapi ini berasal dari bahan utama daging sapi yang sangat kaya akan manfaat bagi tubuh, maka tidak dapat dipungkiri jika abon sapi ini mengandung sejuta manfaat juga.

- Pertama, abon sapi ada kandungan protein dan lemak sehingga bisa berfungsi sebagai sumber gizi harian untuk pertumbuhan, juga untuk sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

- Kedua, abon dapat berfungsi untuk penguat imun tubuh supaya terhindar dari penyakit, karena memang abon mengandung seng dan selenium.

- Ketiga, abon sapi bisa berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan karena mengandung Vitamin B12 dan omega 3.

- Keempat, di dalam abon sapi terdapat kandungan Vitamin D yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak gampang keropos.

Dengan adanya kandungan gizi yang begitu kaya ini, maka tidak akan ada keraguan lagi jika abon sapi bisa dikonsumsi sebagai salah satu makanan sehat untuk melengkapi makan makanan kamu sehari-hari.

Selamat mencoba cara membuat abon sapi di atas. Semoga bermanfaat.

Return to “Bebas”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests

Login · Register